Innalilahi! Difteri Renggut Nyawa Wanita Hamil di Garut

"Saat berada di ruang operasi, hasil observasi medisnya menyatakan jika pasien positif difteri. Operasi pun tak jadi dilakukan," kata Lingga

Innalilahi! Difteri Renggut Nyawa Wanita Hamil di Garut
ILustrasi Perilaku Sehat Mencegah Penularan Difteri 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.CO.ID, GARUT - Difteri kembali merenggut nyawa seorang warga Kabupaten Garut. Pasien bernama Ecin (34) itu tengah hamil dan akan dioperasi cesar sebelum diketahui menderita difteri.

Humas RSUD dr Slamet Garut, Lingga Saputra, menuturkan pasien tersebut meninggal pada Sabtu (30/12/2017) pukul 00.20. Pasien tersebut sempat mendapat penanganan untuk dilakukan operasi cesar.

"Saat berada di ruang operasi, hasil observasi medisnya menyatakan jika pasien positif difteri. Operasi pun tak jadi dilakukan," kata Lingga saat dihubungi, Sabtu (30/12/2017).

Baca: Polres Sumedang Larang Aktivitas Konvoi pada Malam Tahun Baru

Pasien lalu dipindahkan ke ruang isolasi difteri untuk mendapat perawatan lebih intensif. Namun pada Sabtu dini hari, warga Kampung Babakan Sari, Kecamatan Limbangan itu tak tertolong.


"Jenazahnya langsung dibawa keluarga usai dimandikan di rumah sakit agar virusnya tak menyebar," ucapnya.

RSUD dr Slamet, lanjutnya, juga kembali merawat seorang pasien difteri atas nama Salsa Yulia Dewi (25). Pasien tersebut berasal dari Jalan Cimanuk, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota.

Baca: Cerita Penasihat Hukum Setya Novanto saat ke Rutan KPK, dari Lepas Sepatu sampai Uang Rp 2 Ribu

"Pasien itu masuk pada Rabu (27/12/2017). Sekarang ada di ruang Puspa yang menjadi tempat isolasi difteri," ujarnya.

Meninggalnya Ecin menambah daftar warga Garut yang meninggal akibat difteri. Hingga kini sudah ada lima orang yang meninggal dunia. Sedangkan total kasus difteri sepanjang 2017 sebanyak 19 kasus yang tersebar di 17 kecamatan.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help