Home »

Techno

» News

Siapa Marlene Dietrich yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Pada Rabu (27/12/201&) Google Doodle menampilkan sesosok perempuan berambut pirang di tengah sorotan panggung dengan latar serba biru.

Siapa Marlene Dietrich yang Jadi Google Doodle Hari Ini?
Marlene Dietrich dalam Google Doodle hari Rabu, 27 Desember 2017 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Pada Rabu (27/12/201&) Google Doodle menampilkan sesosok perempuan berambut pirang di tengah sorotan panggung dengan latar serba biru.

Dia adalah Marlene Dietrich, aktris film kelahiran Berlin, Jerman, 116 tahun lalu. 

Marlene Dietrich yang bernama lengkap Maria Magdalene Dietrich dikenal rajin tampil di layar lebar di jaman keemasan Hollywood.

Karir Marlene Dietrich melejit ke kancah internasional setelah membintangi film bersuara pertama di Jerman, Der Blaue Engel yang dirilis pada 1930.

Dia kemudian pergi ke Amerika Serikat dan berperan dalam sejumlah film terkenal, termasuk Morocco, Shanghai Express, serta The Devil is a Woman.

Dalam Morocco, Marlene Dietrich seolah menantang citra feminisme ketika itu, dengan mengenakan tuxedo dan top hat sebagai kostumnya saat berperan sebagai penyanyi kabaret.

Penampilannya dalam Morocco inilah yang digunakan oleh seniman Google, Sasha Steinberg, sebagai desain Google Doodle, menurut keterangan di laman Google, sebagaimana dirangkum KompasTekno.

Saat Perang Dunia II bergejolak, Marlene Dietrich yang pada 1939 mejadi warga negara Amerika Serikat menentang Nazisme dan menolak tawaran main film dari rezim pimpinan Adolf Hitler tersebut.

Dia lantas terlibat dalam upaya propaganda anti-Nazi. Fiilm-filmnya dilarang beredar di Jerman.

Marlene Dietrich tutup usia pada 6 Mei 1992 di sebuah flat di Paris, Perancis, pada usia 90 tahun.

Pemakamannya dihadiri oleh sekitar 1.500 orang, termasuk duta besar Jerman, Rusia, Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lain.

(Kompas.com/Oik Yusuf)

Artikel ini sudah terbit di Kompas.com dengan Judul: Mengenal Marlene Dietrich yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Editor: Indan Kurnia Efendi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help