Ini Cerita Dibalik Kamera Ponselmu, dari Kisah Mengharukan Hingga Inovasi Besar-Besaran

Ia tak hanya ingin memotret anaknya yang baru lahir, ia pun ingin membagikan foto tersebut kepada orang-orang terdekatnya.

Ini Cerita Dibalik Kamera Ponselmu, dari Kisah Mengharukan Hingga Inovasi Besar-Besaran
ArenaLTE.com
Ilustrasi swafoto 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Tahukah Anda awal terciptanya kamera ponsel? Ya, ide awal kamera ponsel ini kini menjadi iovasi yang terus berkembang secara signifikan.

Lebih dari dua puluh tahun lalu, seorang penemu konsep kamera ponsel pertama, Philippe Kahn, mengawali tren photo-sharing melalui kamera ponsel buatannya.

Semuanya bermula dari keinginan Khan. Ia tak hanya ingin memotret anaknya yang baru lahir, ia pun ingin membagikan foto tersebut kepada orang-orang terdekatnya.

Pada 11 Juni 1997, Khan akhirnya berhasil “membuat” kamera ponsel. Ia menyatukan ponselnya, kamera digital, dan laptop untuk mengambil dan menyebarkan gambar.




Melansir dari Techspot, Selasa (13/6/2017), setelah memotret, Khan membagikan foto anaknya melalui internet kepada keluarga, teman, dan rekan kerjanya yang mencapai 2.000 orang.

Kala itu, ia menyebutnya sebagai ‘Instant-Picture-Mail’.

Nah, inilah awal mula hadirnya kamera ponsel. Namun, secara komersial, kamera ponsel pertama di dunia baru diluncurkan pada 2000.

Baca: Wanita-wanita Cantik Penghobi Hiking Bersih-bersih Sampah di Cikapundung

Seiring berjalannya waktu, kehadiran kamera ponsel semakin beragam dan canggih.

Pertimbangan seseorang membeli ponsel pintar saat ini, bukan hanya sebagai alat komunikasi, melainkan dipilih berdasarkan kemampuan dan kualitas kameranya.

Kamera ponsel memang menjadi fitur yang praktis dan bisa diandalkan dalam mengabadikan momen sehari-hari.

Bahkan, jurnalisme warga (citizen journalism) bisa hadir karena kemudahan merekam gambar melalui kamera ponsel.

Baca: Sudah Dinyatakan Meninggal dan Dikremasi 7 Bulan Lalu, Pria ini Tiba-tiba Muncul di Hadapan Keluarga

Hal ini membuat produsen smartphone, berlomba-lomba menciptakan kamera ponsel yang menghasilkan gambar beresolusi bagus dan jernih. Mereka bersaing agar tak kalah berkualitas seperti kamera pada umumnya.

Era Kamera Ganda

Kini, hadir teknologi kamera ganda (dual lens camera) pada beberapa smartphone. Bagaimana inovasi ini bisa muncul?

Pada dasarnya, fitur tersebut hadir agar memenuhi kebutuhan akan hasil foto berkualitas  lebih baik.

Sekarang, supaya menghasilkan gambar digital yang semakin bagus, kamera ponsel tidak hanya mengandalkan daya komputasi lokal (image computing) yang lebih tinggi, tetapi  harus didukung kualitas kamera yang baik.




Oleh karena itu, konsep kamera ganda bisa menghasilkan prinsip yang sama seperti mata manusia terhadap jarak, agar kamera ponsel dapat menangkap gambar lebih dalam (depth of perception).

Misalnya, mana yang menjadi subjek utama dan mana yang menjadi latar belakang atau menjadi bagian yang blur.

Untuk itu, kehadiran kamera ganda di bagian belakang ponsel ternyata bisa meningkatkan kualitas foto sampai 50 persen.

Jadi, akhirnya teknologi kamera ganda bisa menghasilkan gambar berlatar belakang mengabur yang lebih mulus, atau efek bokeh. Salah satu kamera ponsel yang menghadirkan kamera ganda, misalnya, produksi Huawei.

Umumnya, kamera ganda hanya diletakkan pada kamera belakang ponsel. Namun, Huawei Nova 2i memiliki quad camera, alias ada kamera ganda pada bagian belakang dan juga pada bagian depan.

Baca: Intensitas Latihan Hari Kedua Pemain Persib di Training Camp Yogyakarta Ditingkatkan

Teknologi kamera depan ponsel tersebut berukuran 13MP dan 2 MP sehingga ketika Anda memakai kamera depan atau ber-selfie, kualitasnya bisa lebih maksimal dengan latar belakang yang juga dapat menghasilkan efek bokeh.

Lalu, ada juga fitur soft toning flash yang membantu menghasilkan foto selfie alami sekalipun dalam kondisi cahaya minim. Setelah berfoto dengan kamera depan, pengguna juga masih bisa mengedit kembali titik fokus subjek foto dan bagian yang ingin di-blur.

Sementara itu, kamera belakang utamanya berukuran 16 MP dengan kamera pendukung berukuran sama seperti kamera depan, yakni 2 MP.

Melalui kehadiran kamera ganda ini, kualitas gambar kamera ponsel pun bisa semakin meningkat, tak kalah bagus dari kamera biasa.

Nah, kalau Anda ingin mempunyai ponsel baru, sudah pertimbangkan fitur kamera ganda dalam smartphone Anda selanjutnya? (Kompas.com/Auzi Amazia Domasti)

Editor: Widia Lestari
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help