TribunJabar/

Terkait Masyarakatnya dalam Buang Hajat, 5 Kelurahan di Kota Bandung Capai 100% ODF

Lima kelurahan di Kota Bandung berhasil mencapai 100% ODF yang artinya masyarakat buang hajat di . . .

Terkait Masyarakatnya dalam Buang Hajat, 5 Kelurahan di Kota Bandung Capai 100% ODF
ISTIMEWA
Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial bersama lima lurah yang kelurahannya di Kota Bandung berhasil mencapai 100% ODF (Open Defection Free) yang artinya masyarakat buang hajat di tempat yang aman dan sehat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isal Mawardi

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Lima kelurahan di Kota Bandung berhasil mencapai 100% ODF (Open Defection Free) yang artinya masyarakat buang hajat di tempat yang aman dan sehat.

Kelima kelurahan itu di antaranya Kelurahan Rancanumpang, Cihapit, Ciateul, Paledang dan Manjahlega.

Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial, mengatakan bahwa capaian kelima kelurahan di atas pantas diberi apresiasi dan harus dicontoh oleh kelurahan lain.

"Dengan adanya acara Gebyar Sanitasi ini saya harap Kota Bandung bisa menyempurnakan pekerjaan rumahnya terutama sampai 2019 yaitu akses sanitasi yang bersih. Seperti yang telah dilakukan kelima kelurahan yang mencapai 100% ODF," ujar Oded M Danial, Rabu (6/12/2017).

Baca: Kapan Mario Gomez Pelatih Persib Datang? Nih Bocorannya, Termasuk Jadwal Terbangnya dari Argentina

"Kita selalu memberikan reward kepada yang sudah baik dan saya berharap serta mengajak kepada seluruh elemen masyarakat aparat harus meningkatkan sosialisasi terhadap akses sanitasi ini," tambah Oded.

Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan oleh masyarakat Bandung untuk dikelola yaitu persampahan, air limbah dan drainase. Hal tersebut agar seluruh wilayah Kota Bandung capai 100% ODF.

Untuk urusan sanitasi, Kota Bandung terus berkembang. Pada 2015, hanya satu kelurahan yang berhasil capai 100% ODF, yaitu didaerah Rancanumpang. Namun, seiring berjalannya waktu, tahun 2017 terdapat 5 kelurahan yang capai 100% ODF.


Senada dengan Oded M Danial, Kepala Dinas Kesehatan Rita Verita mengatakan Gebyar Sanitasi ini harus dapat memompa semangat daerah lain itu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Acara gebyar sanitasi ini merupakan suatu kegiatan yang tujuannya merangkul masyarakat termasuk SKPD terkait untuk peduli bisa mendorong hygene sanitasi untuk Kota Bandung," ujar Rita.

Rita berharap seluruh kelurahan di Kota Bandung dapat melaksanakan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu tidak membuang air sembarangan, cuci tangan di air yang mengalir, mengolah air minum dan makanan yang aman, serta mengolah sampah dengan baik dan mengolah limbah rumah tangga. (*)

Penulis: Isal Mawardi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help