TribunJabar/

Lima Tips Bagi Orang Tua untuk Mendidik dan Mengembangkan Bakat Anak Penyandang Autisme

Founder Yayasan Biru Indonesia, Juju Sukmana, mempunyai berbagai tips tersendiri untuk para orang tua agar mampu mendidik anak difabel secara baik.

Lima Tips Bagi Orang Tua untuk Mendidik dan Mengembangkan Bakat Anak Penyandang Autisme
TRIBUNJABAR.CO.ID/ISAL MAWARDI
Juju Sukmana, Founder Yayasan Biru Indonesia, di Graha Manggala Siliwangi, Kamis (7/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isal Mawardi

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Banyak orang menganggap bahwa anak berkebutuhan khusus atau yang biasa disebut difabel itu sangat sulit dididik, salah satunya anak penyandang autisme.

Mayoritas masyarakat menganggap bahwa anak penyandang autisme itu layaknya seperti orang gila sehingga sangat tidak memungkinkan untuk mengembangkan bakatnya.

Founder Yayasan Biru Indonesia, Juju Sukmana, mempunyai berbagai tips tersendiri untuk para orang tua agar mampu mendidik anak difabel secara baik.

"Pertama, tentu harus menerima anak bahwa anak merupakan anugerah dari yang Maha Kuasa," ujar Juju, di Graha Manggala Siliwangi, Kamis (7/12/2017).

Anggap bahwa anak adalah rezeki dari Tuhan sehingga perlu dijaga dan dirawat sepenuh hati.

"Lalu yakinkan diri kita bahwa kita merupakan orang tua yang istimewa," ujar Juju.


Founder Yayasan Biru Indonesia tersebut juga mengimbau kepada orang tua agar jangan malu dan merasa minder memiliki anak penyandang autisme.

Menurutnya hal ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Meningkatkan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan anak penyandang autisme juga dapat membantu memudahkan para orang tua untuk mendidik dan mengembangkan bakat mereka.

Ia menambahkan bahwa di internet telah banyak artikel mengenai anak-anak penyandang autisme yang dapat diterapkan kepada anak penyandang autisme di lingkungan sekitar.

"Jangan malas baca-baca artikel di internet," ujarnya.

"Terakhir, perbanyaklah bergaul dan sharing dengan teman-teman satu komunitas yang juga memiliki anak autisme. ini sangat membantu membangkitkan kepercayaan diri anak dan orang tua," ujar Juju.

Mengikuti talkshow bertema disablilitas merupakan langkah yang bijak untuk memompa semangat orang tua dan anak difabel.

Penulis: Isal Mawardi
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help