TribunJabar/

Indonesia Punya 2600 Permainan Tradisional, 360 Permainan Ada di Jawa Barat

Permainan tradisional adalah salah satu budaya leluhur Indonesia yang layak dipertahankan.

Indonesia Punya 2600 Permainan Tradisional, 360 Permainan Ada di Jawa Barat
Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman
Pemainan tradisional Kincir Koletek. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Permainan tradisional adalah salah satu budaya leluhur Indonesia yang layak dipertahankan. Saking banyaknya, Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai permainan tradisional terbanyak di dunia.

Peneliti Permainan Tradisional dan juga penanggung jawab Komunitas Hong, Zaini Alif, mengatakan kalau Indonesia punya 2600 permainan tradisional.

"Di setiap daerah yang saya temukan ini ada 2600, Indonesia terbanyak di dunia. Waktu saya persentasi di luar negeri, negara lain berdiri bertepuk tangan karena mereka hanya punya sekitar 600-800 permainan," ujar Zaini, di markas Komunitas Hong, Bandung, Kamis (7/12/2017).


Zaini yang sudah berkeliling Indonesia untuk mencari berkas dan peneliti filosopi permainan Indonesia mengaku sangat bangga dengan permainan Indonesia.

Karena setiap daerah memiliki kecirikhasannya sendiri. Sebuah karakter yang membedakan antara permainan satu dengan yang lainnya.

Ia juga menyatakan kalau Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang menyumbang permainan tradisional paling banyak.

"Kalau Jawa Barat 360, Jawa Tengah mungkin dapat 260 kebanyakan dari Leiden di Belanda," tambah Zaini.

Mengapa ia menenukan permainan tradisional dari Belanda, karena ia meneliti kalau nyaris seluruh permainan Indonesia itu merupakan budaya serapan dari budaya kolonial.

Karena itulah banyak berkas yang ia temukan berasal dari Belanda.

Zaini dan Komunitas Hong, sampai saat ini masih berusaha untuk melestarikan permainan tradisional tersebut. Komunitas Hong berada di Jalan Dago Pakar no 26, Kabupaten Bandung Barat.

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help