TribunJabar/
Home »

Garut

Mengaku Jenderal Bintang Empat, Ajak Orang Salat Hadap ke Timur, Hakim Pun Beri Vonis 10 Tahun

Kegiatan yang berbeda dengan perintah agama itu dilakukan Wawan dengan sejumlah pengikutnya

Mengaku Jenderal Bintang Empat, Ajak Orang Salat Hadap ke Timur, Hakim Pun Beri Vonis 10 Tahun
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Wawan Setiawan, Jenderal NII mendengarkan vonis majelis hakim di Pengadilan Negeri Garut, Senin (13/11/2017). Wawan dihukum 10 tahun penjara karena terbukti melakukan perbuatan makar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.CO.ID, GARUT - Wawan Setiawan (52), warga Desa Tegalgede, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, yang mengaku sebagai jenderal bintang empat Negara Islam Indonesia (NII) divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Garut, Senin (13/11/2017).

Dalam persidangan, Wawan terbukti melakukan perbuatan makar dan penodaan terhadap agama. Wawan sempat menggemparkan warga Pakenjeng pada awal tahun ini setelah melakulan salat ke arah timur.

Baca: Ridwan Kamil Targetkan Himpun 150 Ribu Relawan untuk Pilgub Jabar 2018

Kegiatan yang berbeda dengan perintah agama itu dilakukan Wawan dengan sejumlah pengikutnya. Wawan bahkan meminta izin ke pihak desa pada bulan Maret untuk melakukan salat ke arah timur.


Humas PN Garut, Endratno Radjamai, menuturkan jenderal NII tersebut dijerat pasal 107 KUHP. Vonis yang diberikan tersebut sesuai dengan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Vonis yang diberikan itu karena terdakwa sudah merongrong pemerintahan walau skala kecil. Majelis hakim mempertimbangkan juga efek yang ditimbulkan dari perbuatannya," ujar Radja usai sidang, Senin (13/11/2017).

Menurut Radja, hal yang memberatkan terdakwa karena sudah pernah menjalani hukuman. Terdakwa sudah dua kali dihukum dalam kasus yang sama.


"Ini sudah ketiga kalinya. Kasusnya juga sama (penodaan agama). Jadi hukuman yang diberikan sudah sesuai," katanya.

Sidang yang berlangsung selama 30 menit itu tak dihadiri banyak pengunjung. Sejumlah pengikut Wawan tampak tak datang dalam sidang vonis tersebut.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help