TribunJabar/

Belasan Rumah di Garut Terancam Tergerus Longsor, Warga Pun Sudah Diungsikan

"Ada 13 rumah yang terancam longsor. Longsor kecil di tebing itu terjadi pada Sabtu sekitar pukul 12.30.

Belasan Rumah di Garut Terancam Tergerus Longsor, Warga Pun Sudah Diungsikan
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Tebing setinggi 10 meter di Kampung Cikuda, RT 4/1, Desa Mekarsari, Kecamatan Cilawu mengalami longsor pada Sabtu (12/11/2017). Akibatnya belasan rumah terancam terkena longsor. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.CO.ID, GARUT - Bencana longsor susulan yang lebih besar mengancam belasan rumah di Kampung Cikuda, RT 04/01, Desa Mekarsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Ini terjadi setelah pada Sabtu (11/11/2017) siang, terjadi longsor kecil. Longsor juga pernah terjadi di lokasi tersebut pada tahun lalu.

Baca: Ridwan Kamil Sebut Prestasi Persib Terpuruk karena Perombakan Besar-besaran Pemain oleh Manajemen

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Djakaria, mengatakan tebing setinggi 10 meter yang longsor itu berada di dekat permukiman warga. Jika tak segera ditangani, longsor besar bisa mengancam rumah warga.

"Ada 13 rumah yang terancam longsor. Longsor kecil di tebing itu terjadi pada Sabtu sekitar pukul 12.30. Untuk sementara penghuni rumah diungsikan ke saudara atau tetangga yang masih aman," ucap Dadi saat dihubungi, Minggu (12/11/2017).

Para pemilik rumah terpaksa diungsikan karena khawatir terjadi longsor susulan. Menurut Dadi, retakan tanah terlihat hampir sepanjang 150 meter.

"Tentunya retakan itu bisa membahayakan jika mereka bertahan di rumahnya. Kami khawatir ada korban jiwa jika ada longsor susulan," katanya.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help