TribunJabar/

Ribuan Warga Kawali Gelar Doa dan Aksi ''611'' Kecewa Lokasi MTQ Dipindah ke Ciamis Kota

Sebagian masyarakat Kawali pun sempat mendatangi Kantor Kemenag Ciamis untuk mempertanyakan pemindahan lokasi pelaksanaan MTQ tersebut.

Ribuan Warga Kawali Gelar Doa dan Aksi ''611'' Kecewa Lokasi MTQ Dipindah ke Ciamis Kota
TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI
DOA BERSAMA – Ribuan warga Kawali menghadiri istighosah di halaman Masjid Agung Kawali Senin (6/11) siang menyikapi pemindahan lokasi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Ciamis 2017 yang semula disekapati di Kawali yang akhirnya pindah ke Ciamis Kota. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dhani

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIAMIS – Ribuan warga Kawali Senin (6/11) siang berkumpul di halaman Masjid Agung Kawali.

Mereka mengikuti istighosah doa bersama untuk perdamaian dan keselamatan umat. Doa bersama aksi damai “611” ini merupakan ungkapan keprihatinan warga Kawali dan menyikapi keputusan pemindahan lokasi pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Ciamis yang semula disepakati di Kawali akhirnya dipindahkan ke Ciamis Kota.

“Peserta istigosah ini tidak hanya dari Kawali tetapi juga ada yang dari Rajadesa, Jatinegara, Lumbung, Panjalu dan Cipaku,” ujar Abah Daday Hendarman Praja, sesepuh warga Kawali yang juga panitia Istighosah Qubro di halaman Masjid Agung Kawali Senin (6/11).

Menurut Abah Daday, sewaktu pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Ciamis di Rancah tahun 2014 lalu ada kesepakatan, pelaksanaan MTQ berikut (2017) di Kawali.


Tetapi beberapa hari menjelang pelaksanaan MTQ 2017 ini, lokasinya dipindahkan ke Ciamis Kota – berdasarkan rapat dengan hasil kesepakatan baru.

Hal tersebut tentu membuat masyarakat Kawali kaget dan bertanya-tanya. Pemindahan rencana lokasi MTQ tersebut terkesan mendadak.

Padahal sebagian masyarakat Kawali sudah mempersiapkan diri sebagai tuan rumah. Misalnya dengan mempersiapkan rumah untuk menampung rombongan kafilah, qori/qoriah dari tiap kecamatan.

Sebagian masyarakat Kawali pun sempat mendatangi Kantor Kemenag Ciamis untuk mempertanyakan pemindahan lokasi pelaksanaan MTQ tersebut.

Karena tidak ada jawaban yang pasti, menurut Abah Daday, warga Kawali akhirnya mengadu kepada Allah SWT dengan menggelar doa bersama.

Dan masyarakat Kawali sudah menerima keputusan pemindahan lokasi pelaksanaan MTQ tersebut dan siap mengirim kafilah ke arena MTQ tingkat Kabupaten Ciamis 2017.

Dan Kawali pernah disepakati jadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Camis cukup menjadi catatan sejarah saja. Pemindahan lokasi tuan rumah MTQ tersebut tak hanya menyisakan kerugian material terlebih kerugian moril (sta)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help