TribunJabar/

Headline Koran Tribun Jabar

VIDEO HEADLINE EKSKLUSIF- Koran Edisi Minggu 29 Oktober 2017, Kebiasaan Selfi Picu Gangguan Jiwa

Tanpa disadari, kegiatan selfie ini sebenarnya, sudah masuk ranah gangguan jiwa,“ kata Guru Besar Fakultas Keperawatan Unpad

VIDEO HEADLINE EKSKLUSIF- Koran Edisi Minggu 29 Oktober 2017, Kebiasaan Selfi Picu Gangguan Jiwa
TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
cover video teaser eksklusif selfi sebabkan gangguan jiwa 

Laporan Tim Liputan Tribun Jabar

Berswafoto dipergunakan orang untuk berbagai tujuan. Biasanya keinginan mendapat pujian atau merasa update pergaulan menjadi  salah satu hal yang ingin diperoleh seseorang dengan melakukan swafoto.

“Faktor ingin dipuji, ingin merasa gaul, ini menjadi bagian dari orang ingin berselfie. Tanpa disadari, kegiatan selfie ini sebenarnya, sudah masuk ranah gangguan jiwa,“ kata Guru Besar Fakultas Keperawatan Unpad yang sekaligus pakar keperawatan Indonesia, Prof Suryani.

Melakukan swafoto, menurut Kepala Prodi Magister Keperawatan FKep Unpad, tidak mengakibatkan gangguan kejiwaan jika dilakukan sewajarnya, misalnya hanya untuk dokumentasi dan keperluan lainnya.

Jika dilakukan dalam intensitas yang sangat sering, tak terhitung dalam hitungan waktu yang tidak terlalu lama, maka kondisi itu sudah bisa dikategorikan terkena gangguan kejiwaan.

“Gangguan kejiwaan dari selfie yang lebih parah itu terjadi pada mereka yang melakukan selfie berlebihan misalnya mengekspose bagian tubuh yang tidak tertutup, dan sejenisnya,“ katanya.

Ada juga jenis swafoto yang masuk kategori gangguan jiwa yaitu orang yang sering melakukan swafto di tempat berbahaya, tidak semestinya atau bukan tempatnya.

Orang seperti ini, kata dia, biasanya akan merasa sangat puas jika bisa melakukan swafoto di tempat yang dia inginkan dan akan selalu memikirkan sebelum tindakannya dilakukan. (*)

Selengkapnya, baca koran TRIBUN JABAR edisi Minggu 29 Oktober 2017.

Lihat video headline di bawah ini:

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help