TribunJabar/
Home »

Bisnis

» Mikro

Masih Banyak Pelaku UKM yang Belum Bisa Mengakses Pembiayaan dari Perbankan

Jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia berjumlah lebih dari 58 juta dan sebanyak 99% di antaranya . . .

Masih Banyak Pelaku UKM yang Belum Bisa Mengakses Pembiayaan dari Perbankan
TRIBUN JABAR/SITI FATIMAH
Ekonom CORE Indonesia Hendri Saparini (paling kiri) pada acara diskusi bertajuk Inklusi Keuangan & Pemberdayaan Perempuan Melalui Pembiayaan Syariah yang digelar BTPN Syariah dan Harian Republika di De Driekleur Building (BPTN Sinaya) Jalan Ir H Juanda Bandung, Kamis (19/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.CO.ID,BANDUNG - Jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia berjumlah lebih dari 58 juta dan sebanyak 99% di antaranya adalah usaha mikro dan kecil (UMK).

Namun dari jumlah tersebut hanya sepertiganya yang baru bisa mengakses pembiayaan dari perbankan.

Baca: Masyaallah ! Kucing Ini Rupanya Tahu Kalau Alquran Itu Kitab Suci, Lihat Videonya di Sini

Demikian diungkapkan Ekonom CORE Indonesia Hendri Saparini pada acara diskusi bertajuk Inklusi Keuangan & Pemberdayaan Perempuan Melalui Pembiayaan Syariah yang digelar BTPN Syariah dan Harian Republika di De Driekleur Building (BPTN Sinaya) Jalan Ir H Juanda Bandung, Kamis (19/10/2017).


Meski begitu, katanya, masih banyak UMK yang membutuhkan pendanaan yang dapat diakses dengan mudah serta sesuai dengan karakteristik mereka yakni tidak memiliki jaminan, administrasi keuangan dan pemahaman pasar.

"Sebenarnya sangat diperlukan adanya lembaga pembiayaan baik bank maupun non bank yang mampu mendampingi pelaku UMK agar mampu meningkatkan kapasitasnya," katanya. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help