TribunJabar/

Teknologi Tak Bisa Dibendung

Dari sedemikian banyak manfaat terobosan transpotasi online, tak dipungkiri bagi sebagian orang mengancam keberlangsungan hidupnya.

Teknologi Tak Bisa Dibendung
dok pribadi
Redaktur Tribun Jabar Kisdiantoro 

Kolom Sorot oleh Kisdiantoro, Wartawan Tribun Jabar

 Seorang kawan mengisahkan nasibnya sedang berada di ujung tanduk karena perusahaan tempat ia bekerja sedang sepi order. Gajinya pun dibayar tak penuh. Meski demikian, kehawatirannya perlahan mereda karena penghasilannya yang minus telah tertutupi dari kerja sampingannya.

Apa pekerjaan sampingannya? Menjadi sopir, tepatnya sopir online. Ia meminjam mobil orangtuanya yang hanya sesekali saja digunakan untuk keperluaan bepergian silaturahmi atau ke acara undangan, lalu dimanfaatkan menjadi taksi online.

Seusai bekerja, ia memanfaatkan waktunya untuk menjual jasa angkutan ke warga yang membutuhkan tumpangan. Hasilnya lumayan, bisa menutupi penghasilannya yang semula seret.

Dia belum lama menjadi sopir angkutan online. Kegalauannya kembali muncul karena kini keberadaan transportasi online masih menjadi polemik.

Teknologi yang membawa masyarakat mendapatkan kemudahaan mendapatkan kebutuhan transportasi dinilai menggerus penghasilan para sopir angkutan umum konvensional dan para ojek pangkalan.

Di Kota Bandung, mereka malah sempat hendak melakukan mogok massal. Niatan itu batal setelah ada kesepakatan dengan pemerintah untuk tidak mogok karena tuntutan diakomodasi oleh pemerintah. Ya, meski faktanya masih ada sebagian sopir trayek tertentu  yang melakukan mogok massal dan dampaknya merepotkan masyarakat.

Teknologi aplikasi yang menghubungkan penyedia jasa angkutan dan masyarakat pengguna angkutan, harus diakui akan membawa dua dampak, positif dan negatif.

Baca: Bertanding Lawan PSM Makassar, Asisten Pelatih Persib Bandung Merasa Kehilangan Dua Pemain Ini

Dampak positif tentu akan dirasakan bagi mereka yang menghendaki kemudahan, kecepatan, tarif yang terkukur, dan kapan saja dibutuhkan layanan tersedia. Karena faktor kemudahan itu, orang lanjut usia pun pada akhirnya mau belajar bagaimana menggunakan gadget dan aplikasi online.

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help