TribunJabar/

Polemik Transportasi Online

Kian Bermasalah, Begini Solusi Peraturan Transportasi Online Menurut Pengamat Transportasi

Pemerintah Pusat bisa saja menerapkan peraturan pada transportasi online agar dapat bersaing secara sehat dengan transportasi konvensional.

Kian Bermasalah, Begini Solusi Peraturan Transportasi Online Menurut Pengamat Transportasi
itb.ac.id
Pengamat transportasi dari Institut Teknologi Bandung, Sony Sulaksono Wibowo 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG – Beberapa hari terakhir, transportasi online diimbau oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat untuk tidak beroperasi hingga terjadi kesepakatan dan keluarnya peraturan dari pemerintah pusat.

Imbauan ini muncul setelah Wadah Aspirasi Aliansi Transportasi (WAAT) Jawa Barat menyampaikan aspirasinya terkait keberadaan transportasi online.

Menurut pengamat transportasi dari Institut Teknologi Bandung, Sony Sulaksono, Pemerintah Pusat bisa saja menerapkan peraturan pada transportasi online agar dapat bersaing secara sehat dengan transportasi konvensional.

“Kalau perusahaan aplikasi mau melakukan layanan transportasi, harus punya izin. Karena mereka berkilah selama ini mereka seperti Google. Kalau seperti Google, ya sudah diam seperti Google,” kata Sony Sulaksono kepada Tribun Jabar melalui telepon pada Kamis (12/10/2017).


Sony Sulaksono mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan perusahaan penyedia jasa layanan transportasi online adalah berbadan hukum seperti perusahaan penyedia jasa layanan transportasi konvensional.

Ia juga mengatakan transportasi online harus memiliki identitas yang jelas.

Selama ini, transportasi online berbeda dari transportasi konvensional yang mengenakan plat kuning saat beroperasi.

“Jika mereka keberatan plat kuning, bisa pakai stiker, karena sama dengan (transportasi online) di Rusia, Perancis, Inggris pakai stiker juga,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Theofilus Richard
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help