TribunJabar/

Bahkan Pengelola Museum pun Tidak Tahu Ada Hari Museum: ''Emang ada Gitu?''

penetapan Hari Museum ini dilakukan sejak puluhan tahun lalu, setelah pertemuan pengelola museum se-Indonesia tanggal 12 Oktober 1962 di Yogyakarta

Bahkan Pengelola Museum pun Tidak Tahu Ada Hari Museum: ''Emang ada Gitu?''
Tribun Jabar/Andri M Dani
Museum Galuh Pakuan di pusat kota Ciamis yang sepi pengunjung pada Hari Museum, Kamis (12/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIAMIS– Ternyata banyak yang tidak tahu bahwa pada 10 Oktober itu, termasuk kemarin Kamis (12/10/2017), merupakan Hari Museum.

Padahal, penetapan Hari Museum ini dilakukan sejak puluhan tahun lalu, setelah pertemuan pengelola museum se-Indonesia tanggal 12 Oktober 1962 di Yogyakarta.

Jangankan rakyat umum, di Ciamis bahkan pejabat yang berkaitan dengan museum pun tidak tahu ada Hari Museum, termasuk pengelola museum sendiri.

“Saya pernah dengar tentang Hari Museum, tapi kapan ya lupa lagi?” ujar Direktur Museum Galuh Pakuan, R Ru’yat Sudradjat kepada Tribun di Museum Galuh Pakuan di Jl KH A Dahlan (Jl Selagangga) Ciamis Kamis (12/10/2017).


Hal senada juga diucapkan Tetet Widianti, Kasi Cagar Budaya dan Kemuseuman Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Ciamis.

Emang ada Hari Museum gitu, kapan itu,” ujar Tetet setengah bertanya kepada Tribun Kamis (12/10/2017).

Setelah diberi tahu kalau hari Kamis (tanggal 12/10) ini barulah pejabat eselon IV tersebut mulai paham. “Oo hari ini,” katanya sembari nyengir.

Mungkin begitulah gambaran nasib museum di daerah. Ada tapi nyaris terlupakan. Jangankan “Hari Museum”, keberadaan museum-nya sendiri sering terlupakan. Sepi pengunjung.

Halaman
1234
Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help