TribunJabar/

Sisa Soal Dibakar, Panwaslu Kabupaten Bandung Jamin Seleksi Panwascam Tanpa Ada Main Mata

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kab Bandung Hedi Ardia mengatakan penerimaan dan penelitian berkas . . .

Sisa Soal Dibakar, Panwaslu Kabupaten Bandung Jamin Seleksi Panwascam Tanpa Ada Main Mata
ISTIMEWA
Ratusan peserta mengikuti ujian tes tertulis untuk lolos seleksi panitia pengawas kecamatan (Panwascam) di GOR KONI, Soreang, Kabupaten Bandung. Dari ratusan peserta hanya 93 peserta yang akan terpilih untuk ditugaskan di 31 kecamatan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yudha Maulana

TRIBUNJABAR.CO.ID, SOREANG - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bandung memastikan pelaksanaan pemilihan Pantia Pengawas Kecamatan (Panwascam se-Kabupaten Bandung) tidak ada main mata antara komisioner dengan peserta.

Pasalnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah memiliki mekanisme pencegahan agar praktik nepotisme itu tidak.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kab Bandung Hedi Ardia mengatakan penerimaan dan penelitian berkas pendaftaran peserta dilakukan secara ketat di bawah pengawasan Bawaslu Jabar, agar sesuai dengan kriteria dan administrasi yang ditentukan.

Baca: Jelang Lawan PSM Makassar, Ini Fokus Pembenahan Pelatih Persib Bandung

Kemudian, ujar Hedi, untuk tes tertulis soalnya dibuat oleh Jabar.

"Sisa lembar soal dan jawaban langsung dibakar oleh perwakilan Bawaslu Jabar," ujar Hedi disela-sela pelaksanaan tes tertulis Panwascam se-Kabupaten Bandung di GOR KONI, Soreang, Kamis (12/10/2017).

Lembar jawaban yang digunakan oleh peserta juga dipindai oleh Bawaslu, agar tidak ada manipulasi nilai peserta yang diduga memiliki relasi khusus dengan pimpinan Panwaslu Kabupaten Bandung.

Baca: Tukang Ojek di Jatinangor, Turunkan Paksa Penumpang Taksi Online, Ban Mobilnya Pun Digembosi

Bagi mereka yang memiliki skor enam besar tertinggi saat tes tertulis dari setiap kecamatan akan mengikuti tes wawancara atau uji kepatutan dan kelayakan yang akan dilakukan komisioner Panwaslu Kab Bandung. Pelaksanaan wawancara akan dilaksanakan pada 17-21 Oktober 2017.

"Sekalipun yang daftar ada 266 peserta, kemudian disaring lewat penelitian berkas sehingga jadi 242 peserta. Akhirnya, nanti akan diambil 93 orang Panwascam atau masing-masing kecamatan akan diambil tiga orang," ujarnya.

Personel yang terpilih nanti, harus bebas dari intervensi berbagai pihak, salah satunya partai politik (parpol).

"Kami sudah menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat mengenai rekam jejak para calon yang berafiliasi dengan parpol tertentu lengkap dengan barang buktinya. Jelas, kami tidak akan tolerir dan akan langsung dihentikan proses rekrutmen yang dijalaninya," katanya.(*)

Penulis: Yudha Maulana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help