TribunJabar/

Kisah dan Perjalanan Street Photography di Indonesia, Baru Berkembang 5 Tahun

Hanya dengan bermodal niat dan jalan kaki di trotoar jalan maka sudah dapat dibilang nyetreet atau berburu foto street photography.

Kisah dan Perjalanan Street Photography di Indonesia, Baru Berkembang 5 Tahun
TRIBUN JABAR/Ferry Fadhlurrahman
Contoh karya Street Photography. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Street photography ternyata belum lama masuk di Indonesia.

Tomi Saputra, Admin Indo Street Project, mengatakan street photography masuk ke Indonesia dan mulai muncul ke permukaan sekitar 2012.

Dari situlah mulai banyak komunitas dan orang hobi yang street photography.

"Kira-kira tahun 2012. Mulai dari situ sudah banyak yang senang sama street photography. Muncul komunitas seperti Indonesia Street Project, InstastreetId, atau Geo Nusantara yang genre street," ujar Tomi kepada Tribun Jabar pada Sabtu (7/10/2017) di Bandung.

Semenjak 2012 lalu, para fotografer mulai mencoba street photography karena objek fotonya sangat mudah dibandingkan dengan genre lain seperti landscape dan modeling.


Hanya dengan bermodal niat dan jalan kaki di trotoar jalan maka sudah dapat dibilang nyetreet atau berburu foto street photography.

Selain faktor kemudahan, teknologi membuat perkembangan street photography di Indonesia melaju pesat.

Mulai dari kamera handphone yang makin canggih sampai dengan sosial media yang dapat menyatukan para penggelut street photography.

"Instagram itu sosial media yang paling berpengaruh buat komunitas foto termasuk street photography. Dulu nggak ada wadah buat photographer share foto yang bisa dilihat orang secara masif kaya instagram," ujar Tomi.

Selain instagram, tidak kalahnya kualitas kamera handphone dengan kamera DSLR membuat street photography lebih mudah untuk dilakukan.

Dengan modal handphone di genggaman tangan, fotografer dapat menangkap momen lebih lugas dibandingkan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless.

Namun, meskipun street photography mempunyai banyak kemudahan, untuk beberapa orang seperti Tomi, street photography adalah genre foto yang paling sulit dibandingkan genre lain.

Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help