TribunJabar/

Tribun Health

Manfaat 'Peteuy Selong' yang Jarang Orang Tahu, Salah Satunya Bisa Atasi Penyakit Mematikan Ini

Petai cina oleh para petani di pedesaan sering ditanam sebagai tanaman. . .

Manfaat 'Peteuy Selong' yang Jarang Orang Tahu, Salah Satunya Bisa Atasi Penyakit Mematikan Ini
Kolase Tribun Jabar
Petai Cina 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Sudah akrab mendengar tanaman petai cina? Yups, petai cina (Leucaena leucocephala) adalah tumbuhan yang memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar.

Dikutip wikipedia petai cina atau bisa disebut dengan lamtoro merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika tengah. Tanaman ini sangat mudah tumbuh hingga sekarang telah menyebar ke berbagai bagian dunia.

Petai cina di Indonesia hampir musnah setelah terserang hama wereng. Pengembangbiakannya selain dengan penyebaran biji yang sudah tua juga dapat dilakukan dengan cara stek batang.


Petai cina ini cukup menarik untuk kita ketahui manfaatnya bagi kesehatan. Biasanya kita mengenal petai itu berukuran besar, tapi untuk petai cina cenderung berukuran lebih kecil.

Walaupun berbeda jauh untuk urusan khasiatnya bagi kesehatan petai cina juga tak kalah.

Apa saja khasiatnya ?

Seperti dikutip manfaatdaunku.com petai cina ini memiliki sifat netral serta rasanya agak pahit, dan sedikit manis. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dalam petai cina banyak sekali kandungan zat baik itu menral maupun kalsium dengan kadar cukup tinggi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Sehingga petai cina banyak digunakan untuk obat tradisional berbagai penyakit. Pada umumnya bagian yang digunakan dari tanaman petai cina ini adalah daun serta buahnya.

Kandungan zat dalam tanaman petai cina antara lain protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, energi.

Halaman
123
Penulis: Fauzie Pradita Abbas
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help