Home »

Bisnis

» Makro

Harga Perdagangan Besar Umum Nonmigas Naik 0,15 Persen

Pada September 2017, Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nonmigas atau indeks harga grosir/agen naik sebesar . . .

Harga Perdagangan Besar Umum Nonmigas Naik 0,15 Persen
TRIBUN JABAR/SITI FATIMAH
Kepala BPS Suhariyanto saat melakukan video conference pemaparan inflasi September 2017. Foto diambil di Kantor BPS Jabar, Senin (2/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR. CO. ID, BANDUNG - Pada September 2017, Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Umum Nonmigas atau indeks harga grosir/agen naik sebesar 0,15% terhadap bulan sebelumnya.

Kenaikan IHPB tertinggi terjadi pada sektor industri sebesar 0,45%.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, bebarapa komoditas yang mengalami kenaikan harga pada September 2017 antara lain kelapa sawit, minyak kelapa sawit (CPO), beras, bahan bangunan dari aluminium, besi dan baja impor, serta bijih, kerak, dan abu logam ekspor.

Baca: Dekat dengan Chelsea Islan, Inilah 4 Fakta Putra Marini Zumarnis. No 3 Bikin Baper Cewek

"Untuk IHPB Bahan bangunan atau konstruksi pada September 2017 naik sebesar 0,68 persen terhadap bulan sebelumnya, ini antara lain disebabkan oleh kenaikan harga komoditas besi beton, kawat dan sejenisnya, paku, mur, baut, besi lainnya, dan bahan bangunan dari aluminium," katanya melalui video conference di Kantor BPS Jawa Barat, Senin (2/10/2017).


Untuk, IHPB Umum naik 0,23% pada Agustus 2017 terhadap bulan sebelumnya. Kelompok barang ekspor merupakan penyumbang andil dominan pada kenaikan IHPB, yaitu sebesar 0,18%, sedangkan IHPB kelompok barang impor dan kelompok barang ekspor pada Agustus 2017 masing-masing naik sebesar 0,34% dan 0,94% terhadap bulan sebelumnya. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help