TribunJabar/

Eksklusif Tribun Jabar

Tentang Aplikasi Berbasis Internet, Ridwan Kamil: Tanya Warga, Manfaatnya Terasa atau Tidak?

"Makanya itu alasan kami jarang meeting (rapat) karena bisa dibereskan dengan software," ujar Emil.

Tentang Aplikasi Berbasis Internet, Ridwan Kamil: Tanya Warga, Manfaatnya Terasa atau Tidak?
Tribunjabar/Muhamad Nandri Prilatama
Sejumlah siswa dan orangtua siswa di Kota Bandung hadir dalam launching aplikasi "toong siswa", di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Senin (22/5/2017) 

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - WALI Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan semua aplikasi yang telah mereka luncurkan dibuat sesuai dengan permasalahan yang terjadi di Kota Bandung.

"Jumlah aplikasi itu sebanyak jumlah masalah. Jika masalahnya ada 100, maka aplikasinya juga dibuat 100. Jika ditanya optimalkah, ya, sudah optimal. Hanya, kan, kami tanya lagi ke warga, manfaatnya terasa atau tidak?" ucap Emil, sapaannya, di Balai Kota, Selasa (19/9).

Dengan adanya berbagai software ini, kata Emil, pergerakan Pemkot dapat lebih cepat, terutama untuk meningkatkan birokrasi dan pelayanan masyarakat.

"Makanya itu alasan kami jarang meeting (rapat) karena bisa dibereskan dengan software," ujar Emil.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Ahyani Raksa Negara, mengatakan konsep smart city yang diusung Kota Bandung memang pada dasarnya untuk mengembangkan suatu kota dengan menggunakan strategi ilmu teknologi (IT).

Dengan teknologi tersebut, kata Ahyani, diharapkan dapat lebih efisien, mudah, dan transparan.

"Tujuan kami dengan smart city ini, ya, untuk birokrasi dan pelayanan publik," ucap Ahyani di Jalan Asia Afrika, Sabtu (23/9).

Mengenai efektivitas ratusan aplikasi yang dimiliki Pemkot, Ahyani mengatakan, efektivitas ratusan software itu sebenarnya dapat diukur secara objektif.

Ia mengambil contoh aplikasi yang digunakan di bagian perizinan jelas telah berfungsi, ditunjukkan dengan tidak ada lagi antrean saat mengurus perizinan.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help