SOROT

Makna Usia 207

Kota Bandung itu cantik. Maka wajar jika kemudian ada sematan Kota Kembang bagi kota yang kini dipimpin Wali Kota Ridwan Kamil.

Makna Usia 207
dokumentasi
Kisdiantoro

Oleh Kisdiantoro, Wartawan Tribun Jabar

Ada apa Kota Bandung kok banyak sekali panggung dan pertunjukan? Anda sebagai pengunjung Kota Bandung mungkin tidak tahu, pada Senin (25/9/2017), usia Kota Bandung 207 tahun.

Dan untuk memeriahkannya, ada gelaran kesenian yang berlangsung selama sebulan, mulai dari 25 September 2017 hingga 25 Oktober 2017. Gelaran ini dinamai “Seni Bandung #1.”

Di usia yang mencapai ratusan tahun, Kota Bandung telah berposes dalam waktu yang panjang. Dari zaman kolonial hingga zaman milenial. Ada banyak perubahan terjadi di kota yang berpenduduk hampir tiga juta jiwa ini.

Kota ini memang sangat cantik sehingga ada ungkapan “orang yang sudah merasakan air Bandung, maka ia enggan untuk berpindah.” Bisa jadi betul.

Kota ini memang sangat ramah untuk ditinggali, udara yang sejuk dan penduduk yang ramah. Saking nyamannya untuk ditempati, Kota Bandung pada tahun 1990 terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time.

Kota Bandung itu cantik. Maka wajar jika kemudian ada sematan Kota Kembang bagi kota yang kini dipimpin Wali Kota Ridwan Kamil. Ada banyak pohon sebagai paru-paru kota dan penangkal terjangan tumbukan air hujan. Di sejumlah sudut kota, banyak tumbuh bunga-bunga dengan warna yang menggoda setiap pengunjungnya untuk berswa foto.

Banyak orang tertarik untuk mengunjungi Kota Bandung setelah pemerintah menyelesaikan proyek tol Cipularang pada 2005. Derasnya tak terbendung.

Sejumlah peluang bisnis pun muncul, membangun hotel, membangun usaha kuliner, factory outlet, destinasi wisata baru, dan gelaran bersekala nasional, bahkan internasonal. Yah, seperti yang kini sendang berlangsung “Seni Bandung #1.”

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved