TribunJabar/

Kuliner Bandung

Kembangkan Bisnis 'Alai', Embun Sasar Mahasiswa Sebagai Mitra

Embun Kumala Sari, pencetus sekaligus pemilik Ayam Lado Ijau atau Alai, memilih bermitra dengan. . .

Kembangkan Bisnis 'Alai', Embun Sasar Mahasiswa Sebagai Mitra
Tribun Jabar/Seli Andina Miranti
Embun, pemilik gerai ayam lado ijau. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina Miranti

TRIBUNJABAR.CO.ID, SUMEDANG - Embun Kumala Sari, pencetus sekaligus pemilik Ayam Lado Ijau atau Alai, memilih bermitra dengan mahasiswa.

Bukan tanpa alasan Embun memilih mahasiswa sebagai mitra-nya dalam berbisnis, dikatakan Embun, dirinya ingin mahasiswa memiliki semangat berwirausaha.

"Saya sendiri sudah berwirausaha sejak masih kuliah, berjualan kerudung, baju, stiker, apa saja saya jual," ujar wanita lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut, ketika ketika ditemui Tribun Jabar di gerai Alai yang terletak di depan Indomaret Sayang, Jatinangor, Minggu (17/9/2017).

Saat ini, gerai ayam alai yang terletak di depan Indomaret pertama dari pertigaan Warung Kalde, Jatinangor, tersebut dijaga dan dikelola oleh tujuh mahasiswa secara bergantian.


Sementara Embun tinggal memasak pasokan ayam lado ijau dan sesekali mengecek atau memonitor jalannya gerai.

Untuk para mahasiswa, Embun menetapkan sistem komisi, yaitu sepuluh persen keuntungan yang diperoleh menjadi bagian mahasiswa.

"Alhamdulillah bisa belajar wirausaha, jadi tidak menunggu uang dari orangtua saja, bisa berusaha sendiri," ujar Noneng, mahasiswi Fakultas MIPA yang ikut menjadi mitra Embun.

Embun sendiri menolak membicarakan mengenai omset, namun yang pasti, baru dua bulan berdiri, yaitu sejak Juli, modal yang Embun keluarkan sudah kembali.


"Pokoknya sehari itu 150 sampai 200 potong, sekarang saya mau buka cabang lagi di Jatinangor," ujar Embun.

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help