TribunJabar/

Dua Pelajar SMA Ini Kembangkan Tongkat Tunanetra Dilengkapi Fitur GPS

Annisa Dwi Setyani (16) dan Ravi Ashgar Munazam (16) kembangkan sebuah tongkat tunanetra yang dilengkapi fitur GPS.

Dua Pelajar SMA Ini Kembangkan Tongkat Tunanetra Dilengkapi Fitur GPS
TRIBUN JABAR/Yongky Yulius
Dua pelajar asal SMAN 8 Yogyakarta, Annisa Dwi Setyani (16) dan Ravi Ashgar Munazam (16) yang mengembangkan sebuah tongkat tunanetra dilengkapi fitur GPS saat ditemui di ajang Festival dan Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud di Braga Citywalk Bandung, Rabu (13/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Dua pelajar asal SMAN 8 Yogyakarta bernama Annisa Dwi Setyani (16) dan Ravi Ashgar Munazam (16) kembangkan sebuah tongkat tunanetra yang dilengkapi fitur GPS.

Inovasi yang dinamai Togge (Tongkat GPS dan Getaran) itu dipamerkan oleh keduanya di ajang Festival dan Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud di Braga Citywalk Bandung, Rabu (13/9/2017) sampai Sabtu (16/9/2017).

"Tongkat tunanetra ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti GPS, sensor ultrasonik, earphone bluetooth, dan arduino," ujar Ravi kepada Tribun Jabar, Rabu (13/9/2017), di Braga Citywalk Bandung.

Baca: Persib Bandung Didenda, Viking Akan Ikut Membantu dengan Menggalang Dana

Menggunakan teknologi yang terpasang itu, Togge nantinya dapat memandu tunanetra yang memakainya.

Melalui earphone bluetooth, pemakai tongkat ini akan diarahkan rute yang tepat menuju tempat yang dikehendaki, yang sebelumnya sudah ditentukan dulu titik tujuannya.


Dari earphone itu nantinya akan terdengar suara otomatis seperti yang kita dengar di aplikasi ponsel Google Maps.

Kemudian, saat pemakai tongkat akan menemukan halangan, seperti tembok, lubang, pagar, atau apapun itu, tongkat ini nantinya akan bergetar.

Halaman
12
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help