TribunJabar/

Pembangun Tol Soroja Dipercepat, Target November Sudah Bisa Dipakai

Percepatan pembangunan dilakukan supaya konstruksi Tol Soroja bisa rampung sebelum masuk musim hujan.

Pembangun Tol Soroja Dipercepat, Target November Sudah Bisa Dipakai
Istimewa
Sekda Pemprov Jabar, Iwa Karniwa (kanan) didampingi Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar, Bagus Meidi di ruas Jalan Tol Soroja, Rabu (9/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar,  M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempercepat pengerjaan konstruksi Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) supaya bisa selesai tepat waktu, sesuai target terakhir yakni pada akhir September 2017.

Percepatan pembangunan dilakukan supaya konstruksi Tol Soroja bisa rampung sebelum masuk musim hujan.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan sudah berkomitmen dengan perusahaan pengembang Tol Soroja, yakni PT Citra Marga Lintas Jabar, agar proyek jalan tol sepanjang 10,57 kilometer tersebut bisa diuji coba pada Oktober dan dioperasikan pada November 2017.


"Saat ini di lapangan, pembangunan relatif lancar dan tidak ada hambatan yang signifikan. Insya Allah, akhir September untuk kontruksi sudah selesai, Oktober uji coba, November 2017 bisa dipakai," kata Iwa Karniwa di Bandung, Rabu (13/9/2017).

Iwa mengatakan sampai 6 September 2017, total proses pembangunan Tol Soroja sudah mencapai 86,07 persen secara keseluruhan. Pekerjaan konstruksi seksi 1 dan seksi 2 sudah rampung 100 persen.

Baca: Edan! Jam Tangan Syahrini ini Harganya Puluhan Miliar Rupiah, Netizen: Saya Stroke Mendadak

Pekerjaan timbunan tanah untuk seksi 1 sudah mencapai 99,25 persen dan seksi 2 sebesar 99,40 persen.

"Proses pembangunan tiga gerbang tol yang mencakup Pasirkoja, Margaasih, dan Katapang, sudah 68 persen tiga-tiganya. Sedangkan pemasangan barier, tanaman, rambu-rambu, pembuatan saluran, pagar, fondasi, dan PJU, baru mencapai 45 persen. Sehingga total pekerjaan seluruhnya sudah mencapai 86,07 persen," tutur Iwa Karniwa.

Iwa Karniwa mengatakan terus memantau pekerbangan pembangunan Tol Soroja. Cuaca cerah bulan ini yang relatif mendukung membuat pekerjaan timbunan tanah pun tuntas.

Iwa Karniwa menambahkan tidak ada kendala yang signifikan dalam pembebasan lahan, yakni pada Seksi 1 Pasirkoja-Margaasih sudah 99,79 persen, dan Seksi 2 dari Margaasih hingga ujung proyek Kantor Pemkab Bandung sudah 100 persen. (*)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help