TribunJabar/

Komandan Seskoad: Tak Diminta pun, TNI Pasti Akan Terlibat Bantu Tanggulangi Bencana

TNI tidak mungkin dapat berjalan sendiri. TNI, katanya, memerlukan sinergi dari beberapa badan kebencanaan yang terkait.

Komandan Seskoad: Tak Diminta pun, TNI Pasti Akan Terlibat Bantu Tanggulangi Bencana
Tribun Jabar/Yongky Yulius
Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Seskoad), Mayor Jenderal TNI Dody Usodo Hargo S S.IP MM telah membuka acara Seminar Sekolah Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LV Seskoad TA 2017, di Gedung Prof Dr Seskoad, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Rabu (13/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG- Dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi di daerah diperlukan sinergisitas dari berbagai pihak.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Seskoad), Mayor Jenderal TNI Dody Usodo Hargo S S.IP MM di sela-sela acara Seminar Sekolah Studi Wilayah Pertahanan Pasis Dikreg LV Seskoad TA 2017, di Gedung Prof Dr Seskoad, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Rabu (13/9/2017).

"Harapannya, dengan dilaksanakannya seminar sekolah ini, nanti ada sinergitas antara pemerintah daerah dan TNI dalam penanggulangan bencana di daerah," ujar Mayor Jenderal TNI Dody Usodo.


Ia mengatakan, bencana alam di daerah seperti kelaparan, gagal panen, banjir di musim hujan, dan berbagai macam bencana alam kainnya tidak bisa diprediksi.

Untuk itu, lanjut Mayor Jendral TNI Dody Usodi, jika bencana alam terjadi, tidak diminta pun, TNI pasti akan terlibat membantu.

Baca: Live Streaming: Timnas Indonesia U-18 Vs Brunei Darussalam Ada di Sini

Kemudian, kata Mayor Jenderal TNI Dody Usodo, dalam undang-undang TNI memang diamanatkan untuk turun ke daerah bencana alam membantu masyarakat.

TNI tidak mungkin dapat berjalan sendiri. TNI, katanya, memerlukan sinergi dari beberapa badan kebencanaan yang terkait.

Untuk itu, pada seminar sekolah yang sedang diselenggarakan ini, Mayor Jenderal TNI Dody Usodo berharap, hasilnya dapat diimplementasikan untuk bangsa dan negara dalam penanggulangan bencana alam di daerah.


Selain dihadiri oleh peserta yang merupakan perwira siswa, seminar juga turut dihadiri oleh Dirbindik Seskoad, Kadepter Seskoad, Dandim 0618/BS, perwakilan BPBD Provinsi Jabar, Kepala BPBD Kabupaten Bandung, perwakilan dosen dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Bandung.

Seminar sekolah bertema "Membangun Sinergi AD dan Pemerintah Dalam Penanggulangan Bencana Alam di Daerah" ini, kata Mayor Jenderal TNI Dody Usodo, merupakan bentuk persiapan untuk pemaparan di seminar nasional nanti.

Jadi, sebelum dipaparkan pada seminar nasional nanti, materi beberapa peserta tentang sinergi Angkatan Darat (AD) dan pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam di daerah, akan dipaparkan dulu pada seminar sekolah kali ini.

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help