TribunJabar/

Batik Komar Produksi Shibotik, Perpaduan Batik dengan Teknik Pewarnaan Jumputan ala Jepang

Kombinasi batik cap, tulis, dan pewarnaan jumputan teknik jepang (Shibori) belum banyak dilakukan produsen batik.

Batik Komar Produksi Shibotik, Perpaduan Batik dengan Teknik Pewarnaan Jumputan ala Jepang
Tribunjabar/Isa Rian Fadilah
Batik Komar Shibotik 

Laporan Wartawan Tribun jabar, Isa Rian Fadilah

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Rumah Batik Komar sebagai satu produsen batik terbesar di Bandung terus melakukan pengembangan. Teknik kombinasi antara batik dengan shibori (teknik Jepang) adalah satu inovasinya. Gabungan keduanya telah diperkenalkan ke publik sejak dua tahun silam.

Kombinasi batik cap, tulis, dan pewarnaan jumputan teknik jepang (Shibori) belum banyak dilakukan produsen batik. Anak dari pemilik Rumah Batik Komar melakukan riset hingga ke Jepang untuk mempelajari secara langsung pembuatan shibori.

Perpaduan batik-shibori pada satu kain memberikan nilai lebih pada suatu pakaian. Ia akan tampil beda tanpa mengurangi esensi batik. Meski dipatok untuk kalangan muda, tak jarang banyak paruh baya tertarik dengan batik-shibori yang kini diproduksi khusus oleh Shibotik, anak brand dari Rumah Batik Komar.

Baca: Kisah Tragis Mata Hari, Penari Eksotis dan Mata-mata Perempuan Terhebat Selama Perang Dunia I

"Banyak yang pengen belajar membuat shibori. Ibu-ibu paruh baya yang sangat tertarik belajar di sini," ujar General Supervisor Rumah Batik Komar, Gatra Dipa saat ditemui di lokasi Jalan Cigadung, Bandung, Minggu (10/9/2017).

Menurut Gatra, brand fashion internasional asal Jepang Uniqlo berkonsultasi dengan Rumah Batik Komar untuk mengeluarkan produk paduan batik-shibori


Ciri khas Shibotik terdapat gradasi warna seperti efek lipatan kain. Shibotik menggunakan delapan teknik shiburi. Satu di antaranya kain yang diikat pipa paralon.

Shibotik memproduksi kain yang bisa dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Keunikannya membuat banyak orang mengenakannya di momen-momen spesial seperti resepsi pernikahan.

Halaman
123
Penulis: Isa Rian Fadilah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help