TribunJabar/

Seniman di Bandung Ini Memproduksi Barang Langka, Produk Kulitnya Dipahat, Artistik Banget

Dompet, tas, sabuk, saddle bag, strap gitar, atau apapun aksesoris permintaan konsumen bisa dibuat di sini dari kulit

Seniman di Bandung Ini Memproduksi Barang Langka, Produk Kulitnya Dipahat, Artistik Banget
Tribunjabar/Isa Rian Fadilah
Dompet Kulit Pahatan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isa Rian Fadilah

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Selama ini kita mengenal produk aksesoris kulit sebagian besar polos. Kalau pun ada corak atau tulisan, itu dibuat dengan mesin grafir atau laser. Kesan artistiknya menjadi berkurang lantaran ada sentuhan mesin.

Para peminat produk kulit tentu menghargai suatu karya yang dibuat dengan tangan. Mereka rela membayar berapa pun jika telah terpikat sebuah produk kulit. Apalagi jika produk kulit tersebut penuh dengan corak-corak yang dipahat.

Aksesoris kulit pahat di Kota Bandung masih sangat jarang ditemui. ZBD Hasta menjadi salah satu produsen barang langka ini. ZBD Hasta merupakan sebuah industri rumahan yang bergerak dibidang kerajinan tangan seperti aksesoris kulit, aksesoris metal, dan modifikasi motor.

Dompet, tas, sabuk, saddle bag, strap gitar, atau apapun aksesoris permintaan konsumen bisa dibuat di sini dari kulit. Menarik memperhatikan pahatannya yang begitu cantik dan detail.

Baca: Kasihan, Kalau Sapu Lidi yang Dijualnya Tak Laku, Abah Oleh Terpaksa Tidur di Sini

Umumnya dompet, salah satu produk terfavorit, dipahat membentuk pola bunga yang menjadi motif standar internasional, khususnya di bidang aksesoris kulit pahatan. Tak jarang motifnya berbentuk tengkorak, paduan antara bunga dan tengkorak, atau gambar apapun yang diminta pemesan.

"Asal ada gambarnya, apa aja bisa dibuat. Saya lebih ke kulit. Kalau motor ada lagi temen yang ngerjain," ujar pemilik ZBD Hasta, Tatang 'Bengbeng' Sunandar saat ditemui di Click Square, Jalan Naripan, Kota Bandung, Senin (4/9/2017).

Tas Kulit Pahatan
Tas Kulit Pahatan (Tribunjabar/Isa Rian Fadilah)

Beragam model tas dibuat di ZBD Hasta. Sling bag, backpack, dan posman yang umum disukai pemesan bisa didapat di sini. Tak hanya dari kulit sapi, sejumlah aksesoris ZBD Hasta pun ada yang dibuat dari kulit nabati. Biasanya kulit nabati digunakan untuk membuat saddle motor atau strap jam tangan.


Halaman
123
Penulis: Isa Rian Fadilah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help