TribunJabar/
Home »

Bisnis

» Makro

Koreksi Harga Pangan Dorong Deflasi pada Bulan Agustus

IHK Agustus 2017 tercatat deflasi sebesar 0,07% (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi bulan Agustus tiga tahun terakhir

Koreksi Harga Pangan Dorong Deflasi pada Bulan Agustus
TRIBUN JABAR/SITI FATIMAH
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG- Indeks Harga Konsumen mengalami deflasi pada Agustus 2017 sehingga mendukung pencapaian sasaran inflasi 2017 sebesar 4,0±1%.

IHK Agustus 2017 tercatat deflasi sebesar 0,07% (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi bulan Agustus tiga tahun terakhir sebesar 0,28% (mtm).

Perkembangan ini merupakan dampak membaiknya pasokan, pengaruh faktor musiman pascalebaran dan liburan sekolah dan kontribusi positif berbagai kebijakan yang ditempuh pemerintah dan koordinasi yang kuat dengan Bank Indonesia. 


Dikutip Tribun dari siaran pers Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Selasa (5/9/2017), berdasarkan komponen, inflasi yang terkendali terutama dipengaruhi inflasi kelompok volatile food dan kelompok administered prices.

Dengan perkembangan tersebut, inflasi IHK sampai dengan bulan Agustus tercatat 2,53% (ytd) atau secara tahunan mencapai 3,82% (yoy).

Kelompok volatile food tercatat deflasi sebesar 0,87% (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi sebesar 0,17% (mtm) pada bulan lalu dan rata-rata inflasi Agustus tiga tahun terakhir sebesar 0,16% (mtm).

Baca: Febri Hariyadi Yakin Persib Bandung Kembali Bersaing di Papan Atas Liga 1

Deflasi bulan ini terutama disebabkan panen hortikultura yang ditandai dengan turunnya harga komoditas bawang merah, cabai rawit dan bawang putih. Secara tahunan, inflasi volatile food tercatat rendah, yaitu 1,05% (yoy).

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help