TribunJabar/

Jokowi Rencanakan Panggil Tiga Menteri untuk Kembangkan Koperasi Petani Modern

Presiden Jokowi tertarik dengan konsep koperasi petani modern yang dimotori oleh PT. BUMR di Sukabumi, Jawa Barat.

Jokowi Rencanakan Panggil Tiga Menteri untuk Kembangkan Koperasi Petani Modern
TRIBUNNEWS.COM/BIRO PERS
Presiden Joko Widodo, didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi hari Kamis (31/8/2017). BIROPERS/agus suparto 

TRIBUNJABAR.CO.ID, JAKARTA - Presiden Jokowi tertarik dengan konsep koperasi petani modern yang dimotori oleh PT. BUMR di Sukabumi, Jawa Barat. 

Jokowi kemudian berencana akan memanggil Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membahas pengembangan konsep tersebut.

Jokowi pun akan mengundang Pimpinan PT. BUMR, Luwarso untuk ke Istana Kepresidenan pada pekan depan, untuk menyampaikan konsep ini.

“Saya kira petani kita harus seperti itu. Jadi saya kira akan saya copy. Mungkin minggu depan, Pak Luwarso (Pimpinan PT BUMR Pangan Terhubung) akan kami undang ke Istana untuk bicara,” kata Jokowi berdasarkan keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (1/9/2017).

Presiden mengapresiasi pendirian koperasi itu karena konsep korporasi petani dilakukan secara menyeluruh dari mulai pengolahan sampai penjualannya.


Hal ini termasuk pengemasan yang modern dan menarik sehingga bisa masuk langsung ke industri retail.

Sistem penanaman juga dilakukan secara modern dengan melibatkan teknologi modern untuk mengetahui lokasi lahan, kondisi lahan, termasuk sistem pemasarannya yang dilakukan secara online.

Saat ini, sekitar 1.000 hektare lahan pertanian sudah tergabung dalam koperasi tersebut. Dengan jumlah lahan itu, dibutuhkan sekitar Rp48 miliar untuk mendirikan koperasi tersebut.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help