TribunJabar/

Niat Hati Ingin Mengedit Foto Sekeren Mungkin, Hasilnya Malah Begini

Dia merasa bangga dengan pengaruh yang dihadirkan Photoshop untuk dunia digital masa kini.

Niat Hati Ingin Mengedit Foto Sekeren Mungkin, Hasilnya Malah Begini
Kolase Tribun Jabar
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Siapa tak kenal Adobe Photoshop? Software tersebut sudah menjadi standar dunia untuk olah gambar digital.

Namun ada masa di mana para pengguna komputer belum familiar dengan konsep manipulasi digital image, apalagi nama Photoshop.

Dunia itulah yang dihadapi pencipta Photoshop, John Knoll, saat berusaha mengenalkan software buatannya.


Maka, Knoll mengambil sebuah foto ukuran 6x4 inci yang diabadikan saat liburan ke Hawaii pada 1987.

Lalu memindainya dengan sebuah flatbed scanner -yang juga merupakan barang langka- hasil pinjaman dari teman yang bekerja di Apple.

Wanita dalam foto adalah istri Knoll, Jennifer, yang sedang bersantai di pasir putih pulau Bora-bora. Jadilah file gambar digital berformat TIFF hasil pindaian itu dinamai “Jennifer in Paradise”.

“Foto ini adalah gambar yang bagus untuk keperluan demonstrasi. Enak dilihat dan ada banyak hal yang secara teknis bisa dilakukan dengannya,” ujar Knoll, seperti dikutip dari The Guardian.

“Jennifer in Paradise” pun menjadi foto pertama yang diolah digital menggunakan software Adobe Photoshop besutan Knoll dan kakak lelakinya, Thomas. Foto itu disertakan dalam tiap kemasan Photoshop yang dikirim ke sejumlah perusahaan untuk keperluan demonstrasi.

Sebenarnya olah gambar digital sudah dikenal sebelum kehadiran Photoshop, tapi dulu proses ini memerlukan komputer mahal seharga ratusan ribu dollar AS dan operator khusus.

Photoshop membuat semua orang bisa melakukan hal tersebut dengan komputer biasa yang harganya jauh lebih terjangkau khalayak umum, macam Macintosh Plus pada masa-masa awalnya dulu.

Halaman
123
Penulis: Fauzie Pradita Abbas
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help