TribunJabar/

Ini Harapan PT DI pada Pemerintah Sebelum Pasarkan Pesawat N219

pesawat ini bisa bersaing secara bisnis jika pemerintah dapat menyamaratakan kebijakan pajak pesawat produksi dalam negeri

Ini Harapan PT DI pada Pemerintah Sebelum Pasarkan Pesawat N219
Tribun Jabar/Theofilus Richard
Pilot beserta jajaran direksi dan staf PT DI berfoto bersama di depan Pesawat N219, Rabu (23/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG– Pesawat N219 yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia (DI) baru dipasarkan pada 2019 tapi Direktur Produksi PT DI, Arie Wibowo, berani menjamin N219 memiliki kualitas yang kompetitif di kelasnya.

Ia mengatakan, permasalahan selanjutnya adalah pada pemasaran pesawat ini.

Ia menilai secara penjualan, pesawat ini bisa bersaing secara bisnis jika pemerintah dapat menyamaratakan kebijakan pajak pesawat produksi dalam negeri dan luar negeri.

Baca: Bupati Sumedang Disoraki Huuuu Pegawai Honorer yang Berunjuk Rasa

“Kalau beli pesawat di luar negeri dipakai di indonesia ngga usah bayar pajak karena dipakai untuk umum. Kalau saya jualan di indonesia, saya bayar pajak. Disamakan saja perlakukannya kalau beli dari luar negeri,” ujarnya seusai flight test  atau uji terbang N219 Hangga Fixed Wing PT DI , Rabu (23/8/2017).

Menurutnya jika kebijakan penyamarataan pajak tersebut dilakukan, Pesawat N219 bisa bersaing dengan pesawat-pesawat dari luar negeri.


Arie Wibowo juga berharap pemerintah dapat memberi insentif pada konsumen produk Indonesia dengan cara menurunkan rate bunga.

“Pemerintah harus memberi subsidi bunga, kalau dia pinjam uang, di Indonesia ini kalau US dollar sampai enam sampai tujuh persen rate-nya, kalau di luar negeri bisa cuman dua persen,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Theofilus Richard
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help