TribunJabar/

Kuliner Bandung

Surabi Tradisional Cihapit, Cita Rasa Tradisional yang Dimasak dengan Cara Modern

Surabi Tradisional Cihapit tidak menggunakan alat tradisional dalam pembuatan surabinya, mereka menggunakan kompor gas untuk memasak surabi.

Surabi Tradisional Cihapit, Cita Rasa Tradisional yang Dimasak dengan Cara Modern
TRIBUNJABAR.CO.ID/PUTRI PUSPITA
Surabi Tradisional Cihapit dimasak menggunakan kompor gas untuk membuat surabi, memakan waktu selama tiga menit hingga surabi matang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Surabi Tradisional Cihapit merupakan surabi yang terkenal dan ada sejak tahun 1991 berada di Jalan Cihapit No 65.

Ketika mendengar tradisional pasti Anda akan berpikir jika pembuatan surabi ini masih menggunakan arang dan alat tradisional lainnya, bukan?

Namun Surabi Tradisional Cihapit tidak menggunakan alat tradisional dalam pembuatan surabinya, mereka menggunakan kompor gas untuk memasak surabi.

Penggunaan arang ketika membuat surabi memang kadang menghasilkan rasa yang berbeda dan jauh lebih nikmat.

Anak dari pemilik Surabi Tradisional Cihapit, Juana Malik (20) mengatakan banyaknya pembeli setiap harinya tidak memungkinkan untuk menggunakan alat tradisional yang perlu waktu lebih lama.


Dengan menggunakan kompor gas, pembeli hanya perlu menunggu selama tiga menit untuk bisa mendapatkan pesanan surabinya.

Dalam sehari Juana mengatakan, Surabi Tradisional Cihapit menghabiskan 12 kilogram adonan tepung beras untuk membuat surabi.

"Dari sejak pagi sudah ramai, bahkan pernah ada yang memesan hingga 300 surabi," ujar Juana di Jalan Cihapit No 65, Selasa (22/8/2017).

Walaupun tidak menggunakan alat tradisional dalam pembuatan surabinya, namun adonan khasnya memiliki rasa yang klasik dan jadul ketika dinikmati.

Beras ketan dan kelapa begitu terasa, rasa gurih pun sangat nikmat di lidah apalagi jika dimakan ketika baru matang dan masih panas.

Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian karena Surabi Tradisional Cihapit buka sejak pukul 06.00-13.00 WIB dan kembali buka pada sore hari pukul 15.00-22.00 WIB.

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help