TribunJabar/

Waspada Janji Pelunasan Kredit Oleh Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab

Satgas Waspada Investasi Jawa Barat mengingatkan kembali masyarakat untuk mewaspadai janji pelunasan kredit oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Waspada Janji Pelunasan Kredit Oleh Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab
TRIBUNJABAR.CO.ID/YONGKI YULIUS
Sarwono (kiri), Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat sekaligus Ketua Satgas Waspada Investasi Jawa Barat, dan Kompol Johanson (kanan), Kanit Krimsus Perbankan Polda Jabar, Rabu (16/8/2017) di kantornya. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Satgas Waspada Investasi Jawa Barat mengingatkan kembali masyarakat untuk mewaspadai janji pelunasan kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kami mengajak masyarakat untuk tidak terhasut ajakan ilegal dan tidak masuk akal terkait pelunasan kredit atau investasi. Jika menemukan harap melaporkan kepada pihak berwajib," ujar Sarwono, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat selaku Ketua Satgas Waspada Investasi Jawa Barat, Rabu (16/8/2017) di kantornya.

Biasanya, modus penawaran pelunasan kredit dilakukan dengan menawarkan janji pelunasan kredit atau pembebasan hutang rakyat dengan sasaran para debitur macet pada bank-bank, perusahaan-perusahaan pembiayaan maupun lembaga-lembaga jasa keuangan lainnya, dengan cara menerbitkan surat jaminan atau pernyataan pembebasan hutang.

Karena itu, Satgas Waspada Investasi Jawa Barat menginformasikan, penawaran perjanjian pelunasan kredit yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggungjawab merupakan kegiatan ilegal dan tidak memiliki izin dari otoritas keuangan yang berwenang.


Selain itu, hal yang dijanjikan tersebut tidak sesuai dengan mekanisme pelunasan kredit atau pembiayaan yang berlaku di perbankan dan lembaga jasa keuangan lainnya.

Untuk itu, debitur diminta agar tetap menyelesaikan seluruh kewajibannya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati dan menghubungi pihak bank atau lembaga jasa keuangan terkait.

Selanjutnya, Satgas Waspada Investasi Jawa Barat mengajak semua pihak khususnya para debitur dan pelaku usaha jasa keuangan untuk waspada dan berhati-hati terhadap penawaran dan atau ajakan dari pihak manapun terkait hal tersebut.

Satgas Waspada Investasi Jawa Barat juga mengimbau agar pihak-pihak yang merasa dirugikan melakukan upaya hukum sesuai dengan koridor hukum yang berlaku agar terdapat kepastian hukum dan mencegah kerugian yang lebih besar pada industri jasa keuangan akibat perilaku pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help