TribunJabar/

Pilbup Ciamis

Cukup Satu Pekan, PKB Ciamis Jaring Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati

Hanya dalam waktu seminggu mulai hari Rabu (16/8/2017) sampai Selasa (22/8) DPC PKB Ciamis membuka . . .

Cukup Satu Pekan, PKB Ciamis Jaring Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati
TRIBUN JABAR/ANDRI M DANI
BUKA PENJARINGAN - Ketua DPC PKB Ciamis, Imam Dana Kurnia ST (tengah) membuka penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati untuk Pilkada Ciamis 2018 mulai hari Rabu (16/8) sampai Selasa (22/8) di DPC PKB Ciamis. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.CO.ID, CIAMIS – Hanya dalam waktu seminggu mulai hari Rabu (16/8/2017) sampai Selasa (22/8) DPC PKB Ciamis membuka pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati untuk Pilkada Ciamis 2018 (Pilkada Serentak).

Meski terkesan terlambat, PKB Ciamis tetap membuka kesempatan bagi kader maupun non kader untuk ikut penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati tersebut.

“Menindak lanjuti juklak/juknis dari DPP (PKB), kami di DPC PKB Ciamis juga membuka kesempatan bagi kader maupun non kader untuk mengikuti penjaringan bakal calon/bupati/wakil bupati mulai besok (Rabu 16/8) sampai Selasa (22/8),” ujar Ketua DPC PKB Ciamis, Imam Dana Kurnia ST kepada Tribun dan wartawan lainnya, Selasa (15/8).

Baca: VIDEO TEASER-Terduga Teroris di Antapani Bandung Racik Bahan Kimia Jadikan Bahan Peledak

Meski terkesan terlambat menurut Imam, tahapan penjaringan bakal calon ini tetap harus dilaksanakan sesuai dengan juklak/juknis partai.

Dalam seminggu ini katanya diharapkan ada yang mendaftar mengikuti penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati melalui PKB.

“Persyaratan administrasinya tidak jauh berbeda dengan yang telah dilakukan partai-partai lainnya. Dan kami yakin bakal calon sudah mempersiapkan berbagai persyaratannya. Bakal calon juga bisa melampirkan hasil surveinya pada lampiran pendaftaran. Tidak ada mahar bagi yang mengikuti penjaringan di PKB. Untuk pengambilan formulir bisa diwakilkan, tetapi saat pendaftaran harus dilakukan oleh bakal calon yang bersangkutan,” katanya.

Bakal calon yang lolos verfikasi administrasi kata Imam akan mendapat kesempatan mengikuti fit and prover test yang dilakukan DPP PKB.

“Selanjutnya DPP (PKB) akan mengeluarkan rekomendasi bakal calon (bupati/wakil bupati) yang diusung oleh PKB pada Pilkada Ciamis,” ujar Imam.

Penjaringan bakal calon ini kata Imam tak hanya sekedar memberi kesempatan bagi kader (PKB maupun NU) maupun non kader untuk maju di Pilkada Ciamis tetapi juga merupakan strategi partai (PKB) untuk berkomunikasi dengan partai lain dalam rangka penjajagan pembentukan koalisi di Pilkada Ciamis 2018.

“PKB di DPRD Ciamis kan hanya punya empat kursi di DPRD Ciamis, jatuh butuh tiga atau empat partai lainnya untuk berkoalisi,” katanya.

Koalisi ditingkat pusat maupun wilayah termasuk provinsi kata Imam bukan tak mungkin berpengaruh dalam pembentukan koalisi di Pilkada di daerah kabupati/kota. (*)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help