TribunJabar/
Home »

Bisnis

» Makro

Pertumbuhan Ekonomi Jabar Diprediksi Meningkat pada Triwulan III 2017

Dari sisi pengeluaran, perkiraan peningkatan terutama bersumber dari konsumsi pemerintah, investasi, dan ekspor luar negeri.

Pertumbuhan Ekonomi Jabar Diprediksi Meningkat pada Triwulan III 2017
Tribun Jabar/Siti Fatimah
Pemaparan Hasil RDG dan Perkembangan Beberapa Indikator Ekonomi di Jabar di KPwBI Jabar, Jumat (11/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR. CO. ID, BANDUNG- Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat triwulan III 2017 diperkirakan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya dan tumbuh pada rentang 5,2%-5,6% (yoy).

Dari sisi pengeluaran, perkiraan peningkatan terutama bersumber dari konsumsi pemerintah, investasi, dan ekspor luar negeri.

Dari sisi lapangan usaha, penopang pertumbuhan diperkirakan dari lapangan usaha pertanian, industri pengolahan, dan jasa-jasa (khususnya pendidikan).

"Terdapat beberapa faktor pendorong pertumbuhan di triwulan III 2017, antara lain meningkatnya belanja Pemerintah seiring dengan pembayaran gaji ke-13 untuk PNS, " kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat.

Ia menyatakan hal itu pada acara pemaparan Hasil RDG dan Perkembangan Beberapa Indikator Ekonomi di Jabar di KPwBI Jabar, Jumat (11/8/2017).

Faktor lainnya, meningkatnya permintaan dari Amerika Serikat tercermin dari peningkatan PMI AS pada Juli lalu dan meningkatnya kegiatan konstruksi.

Baca: Maitimo Sebut Robin Van Persie Terus-terusan Tanyakan Persib Bandung Padanya, Ingin Gabung?

Percepatan penyelesaian infrastruktur strategis dan peningkatan output industri otomotif pascaberoperasinya pabrik mobil baru juga mendorong pertumbuhan ekonomi di Jabar.

Meski begitu, di sisi lain masih terdapat faktor penghambat laju pertumbuhan ekonomi di triwulan III antara lain peningkatan resiko kredit yang berpotensi menahan intermediasi perbankan. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help