TribunJabar/

HUT Kemerdekaan RI

Main ke Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Yuk! Koleksinya Bikin Kita Terharu

Dari pintu masuk, pengunjung langsung disuguhi display koleksi pribadi para pejuang. Termasuk senjata api dan pistol yang digunakan pejuang

Main ke Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Yuk! Koleksinya Bikin Kita Terharu
Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman
Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Kalau kalian melewati Jalan Dipatiukur, pasti melihat monumen menjulang tinggi berwarna putih bernama Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, atau yang biasa disebut oleh orang-orang di Bandung sebagai monumen Monju.

Namun sedikit yang tahu kalau di bawah monumen tersebut adalah sebuah museum mengenai perjuangan rakyat Jawa Barat dari jaman kolonial sampai era pemberontakan DI/TII.

Museum yang sudah dibangun dari tahun 1995 ini mempunyai ruangan ke bawah monumen. Berpintu masuk di belakang monumen tersebut, di sebelah relief yang menggambarkan perjuangan rakyat Jawa Barat sejak zaman kolonial.

Diorama di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
Diorama di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. (Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman)

Pada Kamis (10/8/2017) TribunJabar.co.id diajak berkeliling untuk melihat bagaimana perjuangan rakyat Jawa Barat melawan penjajah.

Dari pintu masuk, pengunjung langsung disuguhi display koleksi pribadi para pejuang. Termasuk senjata api dan pistol yang digunakan pejuang pada masa perjuangan kemerdekaan di Bandung. Pihak museum mengatakan kalau koleksi kebanyakan di dapat dari hibah keluarga pejuang.

"Ini koleksi keluarga, golok sama senapan ini dipakai setelah dirampas dari Jepang yang sudah menyerah," ujar M Rikrik, staff dari Museum, kepada TribunJabar.co.id (10/8/2017).

Tak berhenti di situ, selama tur Rikrik memperlihatkan timeline dari perjuangan rakyat Jawa Barat. Dimulai dari masa kolonial dan kedatangan pertama bangsa Eropa ke Indonesia di abad ke-17 sampai ke perjuangan kemerdekaan pada tahun 1945-1949.

Diorama di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
Diorama di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. (Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman)

Banyak koleksi dan foto-foto yang mungkin tidak banyak dilihat di tempat umum lainnya. Seperti foto ketika Belanda dan Inggris tiba di Jakarta untuk menduduki Bandung dan keadaan Bandung pasca kejadian Bandung lautan api.

Selain itu, TribunJabar.co.id juga beruntung diperlihatkan ruangan proyektor bila ingin menonton perjuangan para pejuang pada era perang kemerdekaan.

Plakat di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.
Plakat di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. (Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman)

Selain itu juga ada diorama untuk mencoba menrekayasa kejadian yang terjadi pada masa lalu. Termasuk pada saat pertemuan Lingkarjati, Bandung Lautan Api dan Long March Kodim Siliwangi ke Yogyakarta.

Bila ingin berkunjung, tinggal datang ke Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk datang ke sini. (*)

Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help