TribunJabar/

HUT Kemerdekaan RI

3 Pertempuran Penting Rakyat Jabar Mempertahankan Kemerdekaan di Museum Monju

"Banyak perjalanannya, mungkin yang paling terkenal Bandung lautan api, tapi ada beberapa pertempuran yang makan korban Banyak,"

3 Pertempuran Penting Rakyat Jabar Mempertahankan Kemerdekaan di Museum Monju
Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman
Diorama pertempuran Bojong Kokosan. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Satu yang menjadi perhatian di Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat adalah bagaimana perjuangan rakyat Jawa Barat mempertahankan kemerdekaan dari tahun 1945-1949.

Ketika TribunJabar.co.id berkunjung ke Museum Monumen Perjuangan pada Kamis (10/8/2017) M Rikrik, petugas museum, memperlihatkan beberapa pertempuran penting yang terjadi pada masa itu.

"Banyak perjalanannya, mungkin yang paling terkenal Bandung lautan api, tapi ada beberapa pertempuran yang makan korban Banyak," ujar M Rikrik.

Ini adalah tiga pertempuran yang TribunJabar.co.id nilai penting dalam perjuangan kemerdekaan.

1. Bandung Lautan Api

Kondisi Bandung setelah peristiwa bumi hangus. Siapa yang tidak tahu peristiwa Bandung Lautan Api, peristiwa yang begitu besarnya muncul sebuah lagu
Kondisi Bandung setelah peristiwa bumi hangus. Siapa yang tidak tahu peristiwa Bandung Lautan Api, peristiwa yang begitu besarnya muncul sebuah lagu "Halo-Halo Bandung. (Tribun Jabar/Ferry Fadhlurrahman)

Siapa yang tidak tahu peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa yang begitu besarnya muncul sebuah lagu "Halo-Halo Bandung.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa peristiwa membumi hanguskan ini awalnya hanya akan membakar tempat-tempat strategis saja. Dengan harapan akan melemahkan Belanda yang akan menduduki Bandung. Namun, ternyata dalam kepanikan warga Bandung malah berinisiatif membakar rumahnya sendiri tanpa diperintah dari tentara.

Rencana yang berawal adalah untuk menenggelamkan Bandung dengan membendung sungai Cikapundung, namun para pemimpin TNI merasa akan banyak korban dari pihak Indonesia juga. Hingga akhirnya pemimpin Indonesia memilih untuk membumi hanguskan Bandung.

Halaman
12
Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help