TribunJabar/

Kehidupan

Berjuang Keras, Lansia Penjual Sapu Bisa Wujudkan Cita-citanya untuk Umrah

Berjuang keras mencari nafkah halal dapat berbuah rezeki yang melimpah, itulah kata yang dapat melukiskan perjuangan Kakek Jumadi (87).

Berjuang Keras, Lansia Penjual Sapu Bisa Wujudkan Cita-citanya untuk Umrah
TRIBUNJABAR.CO.ID/THEOFILUS RICHARD
Jumadi bersama sapu dagangannya di Jalan Ciremai, Kota Bandung, Senin (7/8/2017) 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG – Berjuang keras mencari nafkah halal dapat berbuah rezeki yang melimpah, itulah kata yang dapat melukiskan perjuangan Kakek Jumadi (87) untuk dapat umrah.

Awalnya ia pun tidak menyangka bisa melaksanakan ibadah umrah.

Hasil penjualannya dari berdagang sapu tidak seberapa, karena memang tidak banyak orang yang terlihat membeli barang dagangannya

“Awalnya, ada anak muda bilang ‘Pak Madi, hayu umrah’, saya ngga bisa jawab, masa tukang gini (sapu), berapa uangnya,” ujarnya menceritakan kisah pertemuannya dengan seorang pemuda yang berbicara soal umrah, Senin (7/8/2017).

Ia mengatakan tidak heran jika orang tidak percaya dengan ceritanya yang mampu berangkat umrah, karena pada awalnya ia sendiri tidak memiliki niat untuk umrah karena dirasa mustahil.


Tetapi, secara perlahan melalui kerja keras selama bertahun-tahun, ia dapat mengumpulkan uang dan memberangkatkan dirinya umrah.

“Orang mungkin ngga percaya, saya tukang sapu bisa numpak pesawat terbang 10 jam ke Arab Saudi. Umrah, sembilan hari,” kata pria yang pernah bekerja sebagai tukang becak tersebut bercerita dengan bangga.

Ia mengaku tidak mendapat bantuan sama sekali untuk mewujudkan cita-citanya tersebut.

Halaman
12
Penulis: Theofilus Richard
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help