TribunJabar/

Pendidikan

20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Saat Ini Versi 4ICU

Ini adalah satu-satunya peringkat internasional yang telah menerima persetujuan dari International Ranking Expert Group . . .

20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Saat Ini Versi 4ICU
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI: WISUDA UNPAD - Sejumlah mahasiswa Unpad berfoto bersama seusai mengikuti Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2015/2016 di Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur, kota Bandung, Selasa (2/2/2016). 

TRIBUNJABAR.CO.ID, JAKARTA - Per 29 Juli 2017, 4ICU merilis 20 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Peringkat pertama adalah Universitas Gadjah Mada. Disusul Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor.

Untuk lebih lebih jelasnya, lihat infografis di bawah:

Peringkat perguruan tinggi di Indonesia versi 4ICU.
Peringkat perguruan tinggi di Indonesia versi 4ICU. (())

Jika melihat daftar itu, mungkin ada yang bertanya sambil mengerutkan dahi.

Menyikapi pemeringkatan seperti itu, yang harus kita perhatikan adalah lembaga yang memberi peringkat.

Ada banyak lembaga pemeringkat Perguruan Tinggi di dunia dengan masing-masing metodologi.


Selain 4ICU ada QS World University Ranking, yang pada 2016/2017 mendudukkan Universitas Indonesia sebagai peringkat pertama, disusul Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada.

Sistem QS sekarang terdiri atas keseluruhan dan juga mata kuliah peringkat global, dalam lima regional independen (Asia, Amerika Latin, Eropa dan Asia Tengah, Wilayah Arab, dan BRICS).

Ini adalah satu-satunya peringkat internasional yang telah menerima persetujuan dari International Ranking Expert Group (IREG), dan menjadi satu dari beberapa pemeringkatan yang paling banyak dibaca, selain Academic Ranking of World Universities and Times Higher Education World University Rankings.

Sedangkan 4ICU yang sekarang berubah menjadi uniRank, merupakan sebuah direktori pendidikan tinggi internasional yang meninjau perguruan tinggi dan kolese terakreditasi di dunia.

Halaman
12
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help