TribunJabar/
Home »

Bisnis

» Makro

Hukum

Le Minerale Vs Aqua, KPPU Hadirkan Pedagang Jadi Saksi

Terkait dugaan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.Tim investigator KPPU menghadirkan saksi pedagang air minum...

Le Minerale Vs Aqua, KPPU Hadirkan Pedagang Jadi Saksi
KOMPAS.COM / KURNIA SARI AZIZA
Sidang dugaan praktik monopoli antara PT Tirta Investama (Aqua) dan PT Balina Agung Perkasa (BAP) dengan PT Tirta Fresindo Jaya (Le Minerale), di kantor KPPU, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2017). 

TRIBUNJABAR.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU) melanjutkan sidang perkara nomor 22/KPPU-I/2016 antara PT Tirta Fresindo Jaya (Le Minerale) dengan PT Tirta Investama (Aqua) dan PT Balina Agung Perkasa (BAP) dengan terkait dugaan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

Pada sidang keempat ini, tim investigator KPPU menghadirkan saksi pedagang air minum dalam kemasan yang telah diintimidasi dan diturunkan statusnya dari Star Outlet (SO) menjadi Whole Seller (WS).

Saksi yang dihadirkan di depan sidang majelis adalah Yatim Agus Prasetyo pemilik toko Vanny yang beralamat di jalan KH Ahmad Dahlan no 1 Karawang, Jawa Barat.

Di depan majelis, dalam rilis yang diterima Tribun, Rabu (19/7/2017), Agus menjelaskan menjual berbagai merek AMDK ditokonya, namun yang terbesar adalah milik PT Tirta Investama.

Oleh karena itu, Agus mendapat status SO dari PT Balina Agung Perkasa sejak tahun 2006.

Pada tahun 2015, seiring dengan melesatnya penjualan Le Minerale, Agus juga mendapat status SO  dari Le Minerale.

Sejak menjual Le Minerale  inilah Agus kerap didatangi pejabat dari PT Tirta Investama dan PT Balina Agung Perkasa.

Pada tahun 2016 Agus mendapat teguran dari Pramono pegawai dari PT Tirta Investama yang intinya kalau masih mau menjual milik PT Tirta Investama jangan menjual Le Minerale

” Jadi saya dibilangin Pak Pramono, kalau masih mau jual milik PT Tirta Investama, tolong jangan jual Le Minerale. Kalau tetap jual Le Minerale status akan diturunkan menjadi Whole seller (WS),” kata Agus di persidangan.

Mendapat ancaman itu, Agus tetap menjual produk Le Minerale.

Halaman
12
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help