TribunJabar/

Hari Pertama Sekolah

Mengantarkan Anak ke Sekolah, Salah Satu Cara Menjaga Komunikasi Orangtua Kepada Anak

Di hari pertama sekolah siswa SMP dan SD masih banyak yang diantar oleh orang tua, menurut mereka itu adalah cara menjaga komunikasi.

Mengantarkan Anak ke Sekolah, Salah Satu Cara Menjaga Komunikasi Orangtua Kepada Anak
TRIBUNJABAR.CO.ID/FERRY FADHLURRAHMAN
Hari pertama sekolah, orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ferry Fadhlurrahman

TRIBINJABAR.CO.ID, BANDUNG - Di hari pertama sekolah siswa SMP dan SD masih banyak yang diantar oleh orang tua, menurut mereka itu adalah cara menjaga komunikasi dan kedekatan dengan orang tua.

Emma Setiawati, salah satu orang tua yang TribunJabar.co.id temui di SMP Negeri 22 Bandung mengatakan kalau dirinya masih ingin melihat dan menjaga komunikasi dengan anaknya.

"Iya bentuk sayang aja gitu ke anak, apalagi hari pertama kan jadi ya sekali-sekali setiap semester kan nggak apa-apa," ujar Emma ketika diwawancarai Senin (17/7/2017) di depan gerbang SMP Negeri 22 Bandung.

Anaknya yang sekarang berada di kelas dua SMP sudah mulai beranjak remaja dan lebih senang dengan teman-temannya, dirinya pun tidak menyangkal kalau komunikasi dengan anaknya akan semakin berkurang dan akan lebih banyak dengan teman-temannya.

"Wajar lah, namanya juga kan mau puber pasti lebih seneng sama temennya, cuman kan orang tua masih tetep pengen liat anaknya seperti apa diceritain semuanya ke orang tua," tambah Emma.

Emma pun sebenarnya mengantarkan anaknya ke sekolah dan langsung pulang lagi, ketika ditanyai mengapa tidak menunggu anaknya pulang karena hari pertama sekolah hanya sebentar.

"Alah, nanti juga dia bisa pulang sendiri," ujarnya.

Hal serupa pun diungkapkan oleh Dodi Siahaan, seorang ayah yang mengantar anaknya sekolah di SD Banjarsari.

"Hari pertama ini, anak kedua saya masuk pertama sekolah kelas 1 SD," ujar Dodi kepada TribunJabar.co.id, Senin (17/7/2017).

Berbeda dengan Emma, Dodi yang merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta ingin mengantar ke sekolah karena dirinya takut waktu untuk anaknya terpotong pekerjaan.

"Iya bela-belain izin bentar ke kantor, cuma tahun kemarin juga kakaknya pas hari pertama masuk sekolah tetap diantar juga," ujar Dodi.

Dodi mengatakan kalau mengantarkan anaknya ke sekolah adalah suatu kebanggaan tersendiri dan sudah menjadi ritual setiap hari.

Namun, khusus hari pertama, dirinya rela menunggu sampai selesai karena sekolah pun hanya setengah hari.

Dari pantauan TribunJabar.co.id di SMPN 22 Bandung dan SDN Banjasari memang banyak orang tua yang mengantarkan anaknya ke sekolah.

Penulis: Ferry Fadhlurrahman
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help