TribunJabar/

Tribun Travel

Mancing Ikan Cakalang di Laut Ternate Masih Pakai Cara Tradisional Lho

Kali ini tim ikut bersama sejumlah nelayan tradisional dengan menggunakan kapal motor nelayan (KMN) Virgo 03 untuk memancing ikan cakalang di. . .

Mancing Ikan Cakalang di Laut Ternate Masih Pakai Cara Tradisional Lho
Tribun Jabar/Wisnu Saputra
Para nelayan tengah memancing ikan cakalang secara tradisional di Laut Ternate diatas Kapal Motor Nelayan Virgo 03, Sabtu (15/7/7) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ragil Wisnu Saputra

TRIBUNJABAR.CO.ID, TERNATE - Hari kedua, Sabtu (15/7/2017), Tim Ekspedisi Terios 7-Wonders Wonderful Moluccas 2017 (T7W 2017) kembali melanjutkan penjelajahan keindahan Provinsi Maluku Utara.

Kali ini tim ikut bersama sejumlah nelayan tradisional dengan menggunakan kapal motor nelayan (KMN) Virgo 03 untuk memancing ikan cakalang di Laut Ternate. 

Tim bersama awak kapal yang dinahkodai oleh Hamid (50), bertolak ke Laut Ternate melalui Pelabuhan Bastion. Sebelum berangkat ke lautan awak kapal melakukan ritual dan berdoa terlebih dahulu di pelabuhan.

Hal itu dilakukan guna memohon keselamatan dan melimpahnya hasil tangkapan untuk kembali di jual ke daratan.

Saat kapal berangkat, kondisi lautan masih sangat gelap. Pasalnya, arloji masih menunjukkan pukul 02.15 WIT.

Kapal yang Tim T7W 2017 tumpangi hanya menggunakan beberapa lampu berdaya watt kecil. Lampu-lampu itu hanya cukup untuk menerangi kondisi di sisi-sisi kapal. 

Kapal KMN Virgo 03 menuju Barat Daya dari daratan Kota Ternate. Kata Hamid, disanalah spot para nelayan untuk memancing ikan. Jaraknya sekitar 22 mil dari daratan. Kapal dari awal hanya melaju dengan kecepatan antara 5 hingga 6 knot. 

"Nanti kita semua akan tiba disana sekitar pukul 05.30 WIT," ujar Hamid seraya mengatakan harus melajukan kapal secara perlahan karena membawa ikan puri sebagai umpan. Jika laju kapal terlalu cepat, ikan puri akan mati dan tidak bisa digunakan untuk menjadi umpan ikan cakalang agar mendekat ke sekitar kapal saat berhenti.

Halaman
12
Penulis: raw
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help