TribunJabar/

Perpustakaan Kota Bandung Targetkan 340 Ribu Pembaca

Tingkat Minat Baca di Kota Bandung cenderung meningkat. Jumlah kunjungan masyarakat ke perpustakaan pada 2016 mencapai lebih dari 54 ribu pengunjung.

Perpustakaan Kota Bandung Targetkan 340 Ribu Pembaca
TRIBUNJABAR.CO.ID/THEOFILUS RICHARD
Mobil Perpustakaan Keliling 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Tingkat Minat Baca di Kota Bandung cenderung meningkat.

Menurut data Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung, jumlah kunjungan masyarakat ke perpustakaan pada 2016 lalu mencapai lebih dari 54 ribu pengunjung.

"Itu jauh lebih besar dibanding 2013, 2014, dan 2015 yang rata-rata jumlah kunjungan berkisar 8000-an," kata Penyusun Program dan Anggaran Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Kapusarda), Juni Akbar, kepada TribunJabar.co.id di Kapusarda, Bandung pada Selasa (20/6/2017).

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, Kapusarda mencoba memaksimalkan perpustakaan keliling dan bekerja sama dengan komunitas penggiat literasi.

"Pergerakannya dibantu MUPK (Mobil Unit Perpustakaan Keliling), komunitas literasi kita gaet kerja sama, Taman Baca Masyarakat (TBM) yang ada di kelurahan, perpustakaan keliling di car free day, dan kita lembur di hari Sabtu," ujar Juni Akbar.

Sedangkan, data hingga triwulan pertama tahun 2017, tercatat jumlah kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Kota Bandung mencapai lebih dari 60 ribu pengunjung.

Juni Akbar menambahkan bahwa target Kapusarda tahun ini adalah untuk menembus angka 340 ribu pengunjung.

Juni Akbar juga mengakui adanya kekurangan seperti layanan belum merata dan banyak masyarakat yang belum mengetahui kepindahan Kapusarda dari Jalan Caringin ke Jalan Seram.

Ke depan, untuk menggenjot jumlah kunjungan, rencananya Kapusarda akan menganggarkan biaya untuk pengadaan dua mobil perpustakaan keliling tambahan.

Penulis: Theofilus Richard
Editor: Jannisha Rosmana Dewi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help