TribunJabar/

Sorot

Ritual Mudik

JOKOWI menuntut para menterinya bekerja keras karena tidak ingin kemacetan panjang di berbegai tempat pada saat mudik Lebaran...

Ritual Mudik
TRIBUN JABAR

Oleh Deni Ahmad Fajar, Wartawan Tribun Jabar

PRESIDEN Joko Widodo meminta para menterinya bekerja keras dan menjamin semua yang berkaitan dengan Idulfitri tahun ini berjalan mulus, termasuk "ritual" mudik dan balik Lebaran.

Jokowi menuntut para menterinya bekerja keras karena tidak ingin kemacetan panjang di berbegai tempat pada saat mudik Lebaran tahun lalu, terulang.

Jokowi tidak ingin kemacetan panjang hingga 18 kilometer di pintu tol Brebes Timur atau dikenal sebagai "Brexit" pada tahun lalu, kembali terjadi tahun ini.

Rampung dan siap digunakannya beberapa ruas jalan tol, kata Jokowi, bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan kemacetan pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, seperti dikutip Kompas.com, optimistis tidak akan terjadi kembali kemacetan di tol Brexit atau ruas tol lain.

Baca: Cerita Ustaz Zacky Mirza Saat Usap Air Mata Mendiang Jupe dengan Kain Kafan

Memang beberapa ruas tol dinyatakan siap dipakai dan dijadikan jalur mudik Lebaran tahun ini. Pengerjaan beberapa ruas tol pun dikebut.

Sayangnya, karena terkesan dipaksakan sekadar untuk mengejar target, pengerjaan beberapa ruas tol tersebut jauh dari sempurna.

Beberapa pengguna jalan tol mengatakan beberapa ruas jalan tol minim lampu penerang, minim ramburambu, minim sarana dan prasana penting lain, seperti pagar pengaman di beberapa titik yang dinilai rawan kecelakaan.

Halaman
123
Penulis: daf
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help