TribunJabar/
Home »

Bisnis

» Makro

Panen Bergeser, Ekonomi Jabar Triwulan I 2017 Tumbuh Melambat

"Perlambatan perdagangan terjadi salah satunya karena adanya tekanan terbatas pada daya beli pasca kenaikan harga-harga yang diatur pemerintah,"

Panen Bergeser, Ekonomi Jabar Triwulan I 2017 Tumbuh Melambat
Tribun Jabar/Siti Fatimah
Jumpa pers Disemimasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Periode Mei 2017 di KPwBI Jabar, Kamis (8/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG- Perekonomian Jabar pada triwulan I 2017 tumbuh 5,24% (yoy) atau melambat dibanding triwulan IV 2016 sebesar 5,45% (yoy).

Perlambatan juga terjadi pada lapangan usaha (LU) terutama karena perlambatan LU utama yakni perdagangan, pertanian, dan konstruksi.

"Perlambatan perdagangan terjadi salah satunya karena adanya tekanan terbatas pada daya beli pasca kenaikan harga-harga yang diatur pemerintah," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jabar, Wiwiek Sisto Widayat.

Ia menyampaikan itu dalam acara pemaparan Disemimasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Periode Mei 2017 di KPwBI Jabar, Kamis (8/6/2017).

Perlambatan pada lapangan usaha pertanian diakibatkan panen tidak serentak sehingga sebagian panen bergeser ke awal triwulan ll 2017.

Lalu, perlambatan lapangan usaha konstruksi salah satunya dipicu belum masifnya proses pembangunan proyek infrastruktur pemerintah pada awal tahun karena sebagian masih menyelesaikan tahap lelang.

"Meski begitu, ada peningkatan kinerja pada industri pengolahan, hal ini didorong oleh menguatnya permintaan ekspor dan mulai berakhirnya konsolidasi korporasi," katanya. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help