TribunJabar/

Siaga Mudik Lebaran

Anggota Pramuka Siap Bantu Atur Arus Mudik Lebaran

Ketua Kwarda Jabar, Dede Yusuf Macan Effendi, menyampaikan bahwa Pramuka Jabar setiap tahunnya

Anggota Pramuka Siap Bantu Atur Arus Mudik Lebaran
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi: Kwarda Pramuka Jabar di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (12/8/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Menjelang arus mudik lebaran, Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat telah bekerjasama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jabar untuk mengatur arus lalu lintas di lokasi yang dianggap rawan kemacetan.

Ketua Kwarda Jabar, Dede Yusuf Macan Effendi, menyampaikan bahwa Pramuka Jabar setiap tahunnya selalu bekerjasama dengan Polda Jabar terkait hal itu, dengan biasanya dari satu Kwartir Cabang (Kwarcab) dapat mengirimkan sebanyak 150-200 orang, guna berjaga-jaga di jalur arus mudik, seperti pantura dan selatan.

"Tahun ini sama diperkirakan akan ada 3 ribuan orang ditempatkan di titik tertentu. Dan kebetulan nanti momennya bertepatan dengan libur sekolah, jadi bisa lebih banyak anggota pramuka yang terlibat," kata Dede di Taman Pramuka, Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung, Sabtu (3/6/2017).

Para anggota pramuka itu, lanjut dia, utamanya ditempatkan mulai Bekasi sebagai jalur pantura, dan Bogor puncak sebagai jalur selatannya, dengan setiap kwartir ranting (Kwaran) mengirimkan pasukan 10-20 orang.

"Bukan hanya itu, kami akan tempatkan mereka juga sebagai bhakti husada di pos kesehatan. Tahun lalu pun ada yang stand by di tenda guna lakuka pertolongan pertama bersama Dinas Kesehatan setempat dan provinsi," jelasnya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help