TribunJabar/

Info Mudik

Jalur Mudik Jabar akan Terhambat 40 Pasar Tumpah

Iwa menuturkan walaupun terdapat kerusakan badan jalan, namun secara umum . . .

Jalur Mudik Jabar akan Terhambat 40 Pasar Tumpah
TRIBUN JABAR/RAGIl WISNU SAPUTRA
Papan imbauan di Jalan Turunan Pos Tangan Nagreg, Kecamatan Nagreg sudah rusak. Kondisi papan tersebut sudah hampir lepas dari besi penopangnya. Hingga saat ini belum ada perbaikan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Perjalanan arus mudik dan balik Idulfitri 1438 H akan kembali terhambat oleh aktivitas sekitar 40 pasar tumpah, di sepanjang jalur utara, tengah, dan selatan Jawa Barat.

Pemerintah Provinsi Jabar bersama sejumlah pihak terkait pun segera mengantisipasi kerawanan kemacetan lalu lintas tersebut.

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan walaupun pasar tumpah ini terbilang musiman dan hanya terjadi pada saat-saat tertentu, termasuk menjelang hari raya, namun keberadaanya menimbulkan permasalahan kemacetan lalu lintas.

"Kami bersama kepolisian dibantu Satpol PP di kabupaten kota akan menertibkan puluhan pasar tumpah di beberapa ruas jalan. Di jalur utara setidaknya ada 20 titik pasar tumpah, di jalur tengah sebanyak 15 titik, dan selatan 5 titik pasar. Sementara untuk pasar tradisional dengan akses hanya dari jalur utama akan dilakukan relokasi,” kata Iwa di Gedung Sate, Jumat (2/6/2017).

Jawa Barat kata Iwa, menjadi tujuan dan lintasan mudik dan balik Idulfitri.

Saat ini pihaknya bersama Polda Jabar dan pihak terkait lainnya sudah mengidentifikasi dan memecahkan sejumlah persoalan di lapangan terkat masa mudik dan balik ini.

"Selanjutnya untuk jalur selatan, akan ada rapat bagaimana bisa terus mengurangi kemacetan di Rancaekek, Nagreg, Limbangan, Kadungora, Leles, dan Ciawi. Kondisi kemacetan dan perbaikan infrastruktur untuk jalur tengah daerah Ciawi, Puncak, dan Cipanas pun diminta untuk segera dituntaskan,” ujarnya.

Iwa menuturkan walaupun terdapat kerusakan badan jalan, namun secara umum infrastruktur di Jawa Barat siap digunakan untuk jalur mudik 2017.

Iwa memastikan Dinas Perhubungan Jabar dan Dinas Bina Marga Jabar bekerja sudah sesuai prosedur dan harapan. (*)

Penulis: sam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help