TribunJabar/

Peringati Hari Suci Waisak, 1.500 Umat Budha Akan Padati Vihara Vipassana Grha

Rohaniawan Buddha sekaligus Kepala Vihara Vipassana Grha Lembang Bandung Bhante Wongsin Labhiko Mahathera mengatakan . . .

Peringati Hari Suci Waisak, 1.500 Umat Budha Akan Padati Vihara Vipassana Grha
TRIBUN JABAR/MUMU MUJAHIDIN
Sekitar 1.500 umat budha dari berbagai daerah di Jawa Barat akan padati Vihara Vipassana Grha untuk merayakan Hari Suci Waisak ke 2561, Minggu (21/05/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

LEMBANG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Sekitar 1.500 umat budha dari berbagai daerah di Jawa Barat akan padati Vihara Vipassana Grha untuk merayakan Hari Suci Waisak ke 2561, Minggu (21/05/2017) di Jalan Kolonel Masturi, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sejumlah umat budha akan melaksanakan serangkaian perayaan dan ibadah cukup panjang.

Rohaniawan Buddha sekaligus Kepala Vihara Vipassana Grha Lembang Bandung Bhante Wongsin Labhiko Mahathera saat ditemui di lokasi mengatakan Perayaan Hari Suci Waisak yang ke 2561 BE ini akan dimulai dengan pembacaan Paritta Suci Pemberkahan pada 09.00 yang bertempat di Dhammasala gedung 10.000 patung budha Vipassana Grha hingga berakhir pada 09.30. Kemudian acara perayaan hari suci waisak dilanjutkan dengan Pindapatta.

Rohaniawan Buddha sekaligus Kepala Vihara Vipassana Grha Lembang Bandung Bhante Wongsin Labhiko Mahathera di Vihara Vipassana Grha, Jalan Kolonel Masturi, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (20/5/2017).
Rohaniawan Buddha sekaligus Kepala Vihara Vipassana Grha Lembang Bandung Bhante Wongsin Labhiko Mahathera di Vihara Vipassana Grha, Jalan Kolonel Masturi, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (20/5/2017). (TRIBUN JABAR/MUMU MUJAHIDIN)

"Lanjut mengelilingi vihara yang dilakukan oleh bikhu (bhante). Jadi para bikhu menerima pesembahan dari umat seperti makanan, minuman dan barang-barang kebutuhan bikhu dari umat," tuturnya.

Perayaan upacara Tri Suci Waisak baru akan dilakukan setelah jam makan siang. Bikhu akan memberikan pemberkahan atau blessing dengan pembacaan Paritta di gedung Dhammasala. Terakhir para bikhu dan umat ini akan mengelilingi Dhammasala dan kuil masing-masing sebanyak tiga kali.

"Para bikhu dan umat sebagian sudah ada yang datang untuk melakukan puja bakti dan melakukan kegitan agama besok. Ada 60-70 bikhu yang datang dari Thailand dan Indonesia," ujarnya.

Dikatakannya pada perayaan hari suci waisak besok, sebagian besar umat budha yang berasal dari Jakarta, Bekasi, dan Bandung yang akan memadati vihara. Menurutnya setelah perayaan Waisak nasional pada (11/05/2017) kemarin yang dipusatkan di Borobudur Yogyakarta. Kali ini merupakan perayaan hari suci waisak yang diadakan setiap vihara di Indonesia.

"Perayaannya tergantung Vihara masing-masing, besok kami akan merayakan hari tri suci waisak di tempat kami pribadi. Karena tidak semua orang bisa ke Borobudur," ujarnya.

Dirinya mengatakan esensi dari perayaan hari suci waisak adalah mengingat kembali ajaran guru agung Budha Gotama. Tiga peristiwa penting pada hari waisak, yakni kelahiran sang budha, pencapain penerangan sempurna dari sang budha serta meninggalnya sang budha.

"Kami pesankan kepada umat budha, pasal pertama tidak melakuakan kejahatan, kedua melakukan kebajikan sebanyak-banyaknya dan juga disertai dengan sucikan hati dan pikiran," katanya. (mud)

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help