TribunJabar/

Jaring Atlet Potensial, 14 Provinsi Ikuti Kejurnas Selam di UPI

Kejurnas selam ini, kata Buyung, merupakan program pembinaan lanjutan pasca PON Jabar 2016

Jaring Atlet Potensial, 14 Provinsi Ikuti Kejurnas Selam di UPI
TRIBUN JABAR / M ZEZEN ZAINAL M
Peserta Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Selam Nomor Kolam bersiap di garis start pada kelas kelompok umur junior di Gelanggang Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Sabtu (20/5). Kejurnas Selam yang diikuti 14 Provinsi itu berlangsung selama tiga hari mulai dari 19-21 Mei 2017. 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI) menggelar Kejuaraan Nasional (kejurnas) Finswimming Nomor Kolam antar Provinsi di Gelanggang Renang Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, 19 hingga 21 Mei 2017 mendatang.

Ketua Umum POSSI, Buyung Lalana mengatakan setidaknya ada 14 provinsi yang ikut serta dalam Kejurnas Selam Kolam ini yaitu diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Bali dan beberapa provinsi lainnya. Sekitar 300 orang peserta terjun dalam Kejurnas yang disiapkan untuk menjaring atlet PON ini.

Kejurnas selam ini, kata Buyung, merupakan program pembinaan lanjutan pasca PON Jabar 2016 lalu dalam rangka memelihara keberlanjutan dan kontinuitas kompetisi demi menghadirkan prestasi di masa yang akan datang.

"Kejurnas Selam Kolam ini mempertandingkan beberapa kelas mulai dari dewasa hingga kelompok umur junior mulai dari usia delapan dan sembilan tahun," kata Buyung di sela-sela acara, Sabtu (20/5).

Dijelaskan Buyung, pihaknya sengaja mempertandingkan kelas junior demi memperkenalkan dan menjaring bibit-bibit penyelam potensial di masa depan. Sedangkan, untuk atlet dewasa diharapkan dapat menemukan atlet-atlet potensial baru dan para pemecah rekor baru guna dipersiapkan untuk PON Papua dan kejuaraan internasional.

"Kita berharap ada rekor-rekor nasional sehingga banyak rekor yang terpecahkan dalam Kejurnas ini. Kita juga ingin menyiapkan atlet-atlet untuk even internasional baik di Asia maupun Eropa," kata Buyung.

Atlet-atlet selam Indonesia, sambung dia, memiliki prestasi membanggakan di dunia internasional. Prestasi dan kemampuan para penyelam Indonesia tak kalah dari para penyelam Eropa maupun negara Asia lainnya.(zam)

Penulis: M Zezen Zainal Muttaqin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help