TribunJabar/
Home »

Bisnis

» Mikro

Hukum

Tersandung Kasus Monopoli, PT TI Terancam Denda Rp 25 Miliar

PT TFJ menyampaikan temuan di lapangan, PT TI melarang sejumlah toko untuk menjual produk PT TFJ.

Tersandung Kasus Monopoli, PT TI Terancam Denda Rp 25 Miliar
shutterstock
Illustrasi. 

JAKARTA, TRIBUNJABAR- PT Tirta Investama (TI), produsen air mineral dalam kemasan tersandung kasus monopoli. Menurut Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam kasus dugaan pelanggaran UU Monopoli ini, telah memiliki lebih dari dua alat bukti.

PT TI telah menghadapi sidang perdana pada, Selasa (9/5/2017) pekan lalu. Sidang tersebut terkait praktik monopoli yang berlangsung di gedung KPPU.

Disebutkan Juru Bicara KPPU, Dendy Rahmat Sutrisno kepada KONTAN yang dikutip Tribun Jabar Online, pada kesempatan itu mengungkapkan, bahwa sidang pertama tersebut dengan agenda pemeriksaan awal.

Sidang diagendakan pada waktu itu dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Dalam sidang pemeriksaan awal, para tim investigator memaparkan dasar-dasar dalil dugaan praktik monopoli yang dilakukan PT TI.

Sekadar mengingatkan, kasus ini berawal dari PT Tirta Fresindo Jaya (TFJ) yang juga memproduksi minuman dalam kemasan melayangkan somasi ke KPPU pada Oktober 2016 lalu.

Pihak PT TFJ menyampaikan temuan di lapangan, PT TI melarang sejumlah toko untuk menjual produk PT TFJ.

Diduga, PT TI mengancam akan menurunkan status dan fasilitas, semula dari star outlet (SO) menjadi eceran terhadap pedagang yang menjual air kemasan produksi PT TFJ.

Selanjutnya, KPPU bergerak cepat dengan mengumpulkan alat bukti pelanggaran yang dilakukan oleh PT TI tersebut.

Atas perbuatannya itu, PT TI diduga melanggar Pasal 15 ayat (3) huruf b dan Pasal 19 huruf a dan b Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 dengan pengenaan denda maksimal Rp 25 miliar. (Kontan/Sinar Putri S Utami)

Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help