TribunJabar/

Menjelang Ramadan, Harga Bawang Putih dan Daging Ayam Naik

Pada hari ini, Senin (15/5/2016), harga bawang putih di tingkat eceran mencapai Rp 62.000 per kilogram , sementara harga daging ayam ras Rp 32.000 per

Menjelang Ramadan, Harga Bawang Putih dan Daging Ayam Naik
TRIBUN JABAR / FIRMAN WIJAKSANA
ILUSTRASI -- BAWANG PUTIH -- Harga bawang putih di Pasar Ciawitali Guntur, Kabupaten Garut mulai mengalami kenaikan sejak tiga hari lalu, Selasa (17/5/2016). 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID- Harga bawang putih dan daging ayam pada hari ini terpantau kembali naik. Harga kedua komoditas ini pada akhir pekan kemarin masing-masing di kisaran Rp 60.000 per kilogram dan Rp 31.000 per kilogram.

Pada hari ini, Senin (15/5/2016), harga bawang putih di tingkat eceran mencapai Rp 62.000 per kilogram , sementara harga daging ayam ras Rp 32.000 per kilogram. "Harga bawang putih naik terus, dari Rp 55 ribu, sekarang sudah Rp 62 ribu perkilo," kata Yati Sumiyati, salah satu pedagang grosir dan eceran di Ujung Berung Bandung.

Menurutnya, kenaikan harga bawang putih karena menjelang bulan puasa. Karena kalau dilihat dari stok, komoditas ini masih banyak dan mudah diperoleh di pasar-pasar besar seperti Gede Bage atau Caringin. "Barangnya banyak, ngga langka seperti waktu cengek (cabai rawit merah) naik. Cengek dulu mahal karena langka, bawang putih banyak, jadi naik harga mungkin karena mau puasa ," katanya.

Kenaikan harga daging ayam dibenarkan oleh Marta, salah satu pedagang di Ujung Berung. Menurutnya kenaikan daging ayam juga menjadi hal biasa menjelang puasa. Bahkan komoditas ini cenderung akan terus naik jelang hari raya atau lebaran.

"Kalau daging ayam biasanya naik terus sampai lebaran, atau harga ngga turun lagi karena banyak yang butuh ," katanya. (tif)

Penulis: tif
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help